C. Peluang Motor Listrik di Indonesia
Peluang motor listrik di Indonesia terus berkembang berkat dukungan kebijakan pemerintah dan meningkatnya kesadaran masyarakat akan pentingnya kendaraan ramah lingkungan. Dengan populasi vang besar dan kebutuhan transportasi efisien, motor listrik memiliki potensi besar untuk meniadi kendaraan alternatif utama di masa depan.
1. Pengertian sepedÄ motor listrik (EV)
Sepeda motor listrik merupakan kendaraan yang tidak menggunakan bahan bakar minyak, melainkan digerakkan oleh dinamo dan baterai (akumulator). Kehadirannya semakin relevan di tengah mencuatnya masalah pemanasan global dan kelangkaan BBM, mendorong para produsen kendaraan berlomba-lomba mengembangkan kendaraan ramah lingkurngan. Salah satunya adalah sepeda motor listrik, yang kini telah hadir di Indonesia dengan model yang mampu mencapai kecepatan hingga 60 km/jam. Model ini dilengkapi dengan fitur-fitur keselamatan seperti rem cakram, lampu penerangan jarak dekat dan jauh, lampu sein, lampu rem, serta klakson. Pihak Kepolisian dan Dinas Perhubungan (Dishub) menyatakan bahwa sepeda motor listrik di Indonesia tidak memerlukan STNK dan BPKB, sehingga lebih praktis untuk digunakan oleh masyarakat.
Selain sepeda motor listrik murni, teknologi hybrid juga semakin dikembangkan oleh produsen sepeda motor. Pada dasarnya, sumber tenaga utama dari sepeda motor hybrid adalah baterai, tetapi kemajuan teknologi bahan bakar sel (fuel cel) telah menghasilkan prototipe-prototipe inovatif. Misalnya, sepeda motor ENV yang memanfaatkan sel hidrogen dari intelligent energy, teknologi Honda FC Stack, dan FC-AQEL dari Yamaha. Di samping itu, sepeda motor hybrid berbahan bakar seperti Ecycle dan Gen-RYU dari Yamaha juga sedang dalam tahap pengembangan. Teknologi hybrid ini menawarkan efisiensi yang lebih tinggi dan pengurangan emisi, karena menggabungkan keuntungan dari mesin konvensional dan motor listrik.
Sepeda motor listrik berbasis baterai membutuhkan ruang yang cukup besar untuk menyimpanbaterai tersebut, meskipun ukuran mesinnya cenderung lebih kecil dibandingkan mesin konvensional. Sebagai contoh, pada model "Enertia," mesinnya berukuran sekitar alternator dan dipasang rendah di depan roda belakang, dihubungkan langsung dengan roda melalui rantai dan sprocket. Di Indonesia, kemampuan sepeda motor listrik terus meningkat, dengan jarak tempuh hingga 80 km yang hanya memerlukan biaya operasional sekitar Rp900,00. Kendaraan ini juga mampu menanjak pada sudut kemiringan hingga 30°. Pengisian baterai memakan waktu sekitar 8 jam, tetapi baterai dapat diisi ulang kapan saja tanpa harus menunggu habis. Selain itu, sepeda motor listrik bisa melewati jalan yang tergenang air atau dicuci, asalkan dinamo tidak terendam. Pada intinya, meskipun menggunakan listrik sebagai sumber tenaga, cara kerja sepeda motor listrik tidak berbeda jauh denga sepeda motor berbahan bakar bensin, yakni menggerakkan kendaraan dengan tenaga dari mesin. Perbedaan utamanya terletak pada bahan bakar. Pada sepeda motor konvensional, menggunakan bensin sebagai bahan bakarnya, sedangkan pada sepeda motor EV diganti dengan baterai atau fuel cell dalam bentuk listrik.
2. Program sepeda motor konversi dari BBM ke listrik
Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) sudah menetapkan beberapa persyaratan bagi masyarakat yang ingin melakukan konversi atau mengubah sepeda motor BBM menjadi sepeda motor listrik.Terdapat beberapa persyaratan yang harus dipenuhi oleh masyarakat dalam melakukan konversi kendaraan listrik. Berikut tiga kriteria yang harus dipenuhi dalam proses konversi sepeda motor listrik.
a. Memiliki administrasi yang lengkap mulai dari STNK, BPKB, STNK, dan KTP dengan nama yang sama agar tidak disalahgunakan.
b. Proses konversi harus dilakukan di bengkel konversi yang sudah memiliki sertifikat atau izin yang dikeluarkan oleh Kementerian Perhubungan. Pada proses ini, terdapat aplikasi agar masyarakat dapat mendaftar di bengkel konversi yang sesuai.
c. Sepeda motor memiliki mesin dengan kapasitas 110-150 cc yang masih layak digunakan.
Pemerintah menyediakan subsidi 7 juta rupiah bagi masyarakat yang mau beralih dari kendaraan berbahan bakar minyak (BBM) menjadi sepeda motor listrik. Oleh karena itu, Kementerian ESDM kini telah membuka layanan konversi motor BBM ke motor listrik bagi masyarakat.
a. Cara konversi motor BBM ke motor listrik
Masyarakat yang ingin mengubah sepeda motornya dari berbahan BBM ke motor listrik harus stoa ie mendaftar sebelum melakukan konversi motor. Pendaftaran ini bisa dilakukan melalui laman 1001 ebtke.esdm.go.id.Adapun langkah-langkahnya sebagai berikut.1) Pemohon mengisi formulir pendaftaran online melalui laman ebtke.esdm. go. id.2) Bengkel konversi akan mengecek kondisi motor dan kelengkapan surat.3) Pemohon dan bengkel melakukan persetujuan biaya total konversi.4) Pemohon mengisi surat pernyataan5) Bengkel melakukan konversi motor pemohon Balai Pengujian Laik Jalan dan Sertifikasi Kendaraan Bermotor (BPLJSKB)6) Kemenhub melakukan pengujian.7) Kemenhub menerbitkan SUT dan SRUT.8) Kementerian ESDM melakukan verifikasi i hasil konversi dan kelengkapan Surat atau sertifikat motor hasil konversi.9) Pemohon menerima motor yang telah dikonversı.
b. Biaya konversi
Sebagai informasi, konversi motor BBM ke listrik memakan biaya sebesar 15juta rupiah untuk motor matic dan 14,1 juta rupiah untuknon-matic. Nantinya, motor konversi tersebut akanmenerima garansi 3 tahun baterai, 1 tahun garansi motor Brushless Direct Current (BLDC), dan 2 tahun garansi Electronic Control Unit (ECU). Namun demikian, pemerintah juga menyediakan subsidi sebesar 7 juta rupiah bagi warga yang ingin melakukan konversi motor.
C. Daftar bengkel konversi
Saatini. terdapat 22 bengkel konversi sepeda motor yang memiliki total kapasitas konversi hampir 2.000 unit per bulan. Bengkel tersebut mencangkup bengkel perseroan terbatas (PT) sampai milik instansi pendidikan dan pemerintahan. Daftar bengkel konversi dapat dicek secara langsung di laman ebtke.esdm.go.id.
3. Gesits sepeda motor buatan lndonesia
Gesits (Garansindo Electric Scooter TS) merupakan sepeda motor jenis skuter matic pertama di Indonesia. Proyek Gesits merupakan kerjasama antara PT Garasindo dan ITS. Gesits ciprediksi akan menguasai pasar sepeda motor listrik di indonesla, bahkan diAsia tenggara (ASEAN). Sepeda motor ini menggunakan 100% listrik dengan daya motor sebesar 5 KW, dan mengadopsi baterai I ithium ion (Li-ion). Sekali charging, pengguna dapat menempuh perjalanan sejauh 80-100 km.
Kekuatan baterai Lithium ion (Li-ion) dalam Gesits adalath 1.980 WH, di mana sekali full charging hanya membutuhkan waktu sekitar 1,5 jam sampai 3 jam. Kecepatan maksimal motor tidak berbeda dengan motor berbahan bakar bensin, yaitu 100 km/jam.
Berikut beberapa hal terkait Gesits yang merupakan sepeda motor listrik karya anak bangsa.
a. Bodi kendaraan yaig menarik
Bodi dari sepeda motor listrik Gesits dibuat hampir mirip dengan sepeda motor Honda Vario yang sudah familier di kalangan masyarakat luas. Perbedaannya adalah sepeda motor listrik Gesits memiliki bodi yang lebih ramping dengan ukuran 1.947 mm x 674 mm x 1.135 mm dan berat sebesar 94,5 kg.
b. Harga jual Gesits di Indonesia
Harga Gesits Electric 2023 di lndonesia dimulai dari 28,7 juta rupiah. Terdapat dalam 1 varian di Indonesia. Rem depan dan belakang menggunakan cakram (disc). Lebih dari 3 pengguna telah memberikan penilaian untuk Gesits Electric 2023 berdasarkan fitur, jarak tempuh, kenyamanan tempat duduk, dan kinerja mesin. Pesaing terdekat Gesits Electric 2023 adalah Vario 125, Attiia Venus 125i, Satria F150, dan New Caffenero 150
c. Suara mesin yang nyaris tidak terdengar
Tenaga mesin yang dihasilkan oleh sepeda motor Gesits cukup besar, yaitu 6,7 hp dengan putaran maksimal 3.600 rpm dan maksimal torsi 30 Nm pada 0-2.125 rpm. Selain itu, akselerasi pada kendaraan ini juga cukup bagus dan dapat mencapai kecepatan dari 0-50 kmljam hanya dengan waktu lima detik. Oleh karena itu, sepeda motor listrik ini cocok bagi orang-orang yang merasa terganggu dengan suara kebisingan sepeda motor BBM. Suara mesin dari sepeda motor juga lebih halus karena menggunakan tenaga listrik sehingga tidak menghasilkan polusi Suara.
d. Dapat menempuh jarak hingga 100 km
Sepeda motor listrik Gesits dapat dioperasikan dengan tenaga baterai. Oleh karena itu, sepeda motor ini perlu dilakukan pengisian ulang dapat dinyalakan dan dikendarai. Baterai juga cukup tahan lama dengan daya tempuh yang jauh. Satu baterai yang terpasang pada sepeda motor dapat membuat kendaraan menempuh jarak hingga 50 ulang sebelum km. Sementara itu, pada sepeda dua baterai yang dapat menempuh jarak sampai 100 km dengan tetap memperhatikan kondisi jalanan dan kecepatannya.
e. Fitur yang keren dan modern
Fitur pada sepeda motor Gesits cukup keren dan modern meskipun sepeda motor ini buatan dalam negeri. Ketika pengendara mengoperasikan kendaraan, akan terlihat seluruh informasi terkait sepeda motor melalui panel digital, Pada panel diaital tersebut. memuat kondisi baterai, kecepatan, jarak tempuh, dan jam atau waktu.Untuk lebih detailnya, dapat dilihat pada gambar berikut.
4. Kelebihan sepeda motor listrik
Apabila dibandingkan sepeda motor konvensional, maka sepeda motor listrik memiliki beberapa kelebihan yang dijelaskan sebagai berikut.
a. Torsi instan
Torsi puncak dari sepeda motor listrik dapat langsung dicapai ketika tuas akselerator diputar. Hal ini tentu berbeda dengan sepeda motor konvensional menggunakan mesin bakar yang baru dapat mencapai torsi tertinggi pada putaran mesin tertentu. Namun, hal tersebut tidak membuat seluruh sepeda motor memiliki tarikan yang kencang, terutama pada sepeda motor listrik dengan harga murah yang lebih condong pada penggunaan jarak dekat. Sepeda motor listrik dengan harga yang murah dan digunakan pada jarak dekat memiliki torsi vang tidak terlalu besar sehingga tarikannya terkadang kurang responsif.
b. Ramah lingkungan
Salah satu kelebihan sepeda motor listrik yang paling signifikan adalah ramah lingkungan. Sepeda motor listrik tidak menghasilkan emisi gas buang seperti kendaraan bermesin bensin atau diesel. Sebaliknya, sepeda motor listrik hanya menggunakan listrik untuk menghasilkan tenaga dan meng9gerakkan motor. Emisi gas buang yang dihasilkan oleh kendaraan bermesin pembakaran internal secara signifikan terhadap perubahan iklim dan pemanasan global. Gas buang ini menghasilkan karbon dioksida dan gas rumah kaca lainnya yang dapat meningkatkan suhu global serta menyebabkan kerusakan lingkungan. Dengan mengendarai sepeda motor listrik, pengendara dapat mengurangi emisi gas buang dan membantu memperbaiki kualitas udara di lingkungan sekitar serta membantu mengurangi dampak perubahan iklim global.
c. Tidak mengeluarkan suara berisik
Sepeda motor listrik tidak menghasilkan suara mesin bising dan berisik seperti kendaraan bermesin pembakaran internal. Hal ini membuat pengendara dan lingkungan sekitar lebih tenang dan nyaman. Selain itu, sepeda motor listrik juga dapat mengurangi polusi suara yang sering terjadi di kota-kota besar.
d. Mudah dikendarai
Sepeda motor listrik mudah digunakan karena tidak memerlukan pergantian gigi seperti kendaraan bermesin pembakaran internal. Hal ini juga membuatnya lebih mudah untuk dikendarai oleh pengemudi pemula atau orang yang tidak terbiasa dengan kerndaraan bermesin pembakaran internal.
e. Perawatan yang minim
Sepeda motor listrik cukup minim perawatan rutin dalam penggunaannya karena komponen yang lebih sedikit dibandingkan sepeda motor konvensional. Selain itu, pengguna sepeda motor listrik tidak perlu melakukan penggantian minyak pelumas dan busi secara rutin. Proses pembersihan filter oli dan filter udara juga tidak perlu dilakukan oleh pengguna sepeda motor listrik.
5. Kelemahan sepeda motor listrik
Sepeda motor listrik diklaim mampu I menjadi kendaraan yang praktis dan ramah lingkungan.
Motor ini dibekali teknologi canggih dan tidak perlu menggunakan oli, tetapi motor ini tetap memiliki kekurangan. Berikut beberapa yang perlu dipahami tentang sepeda motor listrik,
a. Harga baterai yang mahal
Masih ada beberapa hal lain yang menjadi kekurangan motor listrik. Salah satunya yaitu Harga tersebut dikatakan mahal karena memang pada secara sembarangan. Jadi, ada beberapa faktor yang diperhitungkan, seperti kapasitas baterai, daya tahan, beserta ukurannya, agar tidak harga baterai yang relatif mahal. Harga dasarnya, baterai motor listrik tidak dibuat cmenciptakan desain motor terlalu bongsor. Bahkan, ada beberapa baterai motor listrik yang harus dipesan dari luar negeri terlebih dahulu.Dilihat dalam platform jual beli online, harga motor listrik SGB LiFePO, Lithium dibanderol dengan harga 7,5 juta rupiah. Baterai ini digunakan oleh motor listrik Volta. Volta sendiri menjual motor listrik paling murah seharga 11,7 juta rupiah sampai yang termahal dengan harga 19 jutaan rupiah. Berdasarkan harga tersebut, jika dibandingkan dengan sepeda motor bakar yang harga baterai rata-ratanya 250 ribuan rupiah, maka harga baterai sepeda motor listrik jauh lebih mahal bahkan hampir setengah harga dari unit sepeda motor listrik jika dijual terpisah.
b. Ukuran baterai yang terlalu besar
Kekurangan motor listrik terakhir adalah ukuran baterai yang masih tergolong sangat besar. Jadi. tidak heran jika di beberapa motor listrik memiliki desain bodi bongsor. Desain tersebut bertuiuan agar baterai sebagai sumber tenaga utamanya dapat masuk ke dalam kompartemen di bagian bawah jok.
c. Jarak tempuh yang terbatas
Meskipun ramah lingkungan dan dianggap sebagal kendaraan yang baik untuk masa depan, motor listrik masih memiliki keterbatasan untuk algunakan dalam perjalanan jarak iauh Halini disebabkan oleh jarak tempuh yang masih terbatas, kemungkinan besar karena baterai sebagai sumber tenaga utama belum dioptimalkan untuk memiliki daya tahan yang lebih lama
d. Tenaga mesin yang terbatas
Tidak hanya jarak tempuh saja yang terbatas, tetapi juga tenaga mesinnya juga terbatas. Motor listrik sangat mengandalkan baterai sebagai tenaga utamanya. Namun, saat ini, masih sedikit motor listrik yang menawarkan mesin dengan tarikan kuat. Dalam perkembangan selanjutnya, kapasitas baterai setidaknya harus lebih besar lagi supaya mampu menggerakkan dinamo sebagai penggerak rodanya.
e. Bengkel masih jarang ditemukan
Hingga saat ini. kendaraan bermotor berbahan bakar fosil masih mendominasi jalan raya. Hal ini disebabkan oleh rendahnya tingkat penjualan motor listrik di pasaran. Akibatnya, bengkel resmi untuk motor listrik masih sulit ditemukan di berbagai daerah, bahkan jumlahnya dapat dihitung dengan jari. Kondisi ini tentu menyulitkan pemilik motor listrik untuk melakukan perbaikan jika terjadi kerusakan. Oleh karena itu, motor listrik dianggap kurang cocok untuk diqunakan sebagai kendaraan harian.
Latthan
Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan benar!
1. Apa saja fitur keselamatan yang dimiliki oleh sepeda motor listrik di Indonesia?
2. Jelaskan yang membedakan antara sepeda motor bakar (BBM) dengan sepeda motor listriko (EV)!
3. Sebutkan tiga kriteria yang harus dipenuhi dalam proses konversi sepeda motor listrik!
4. Pemerintah gencar melakukan program konversi sepeda motor BBM ke listrik, bahkan sampai membeikan subsidi uang bagi yang mau beralih ke motor listrik. Jelaskan alasannya menurut pendapat Anda!
5. Apa Saja garansi yang diberikan untuk motor konversi listrik?









