Topik 07 - Modul 3 | Penguatan Literasi SMP dan SMA

Topik 7 - Modul 3 | Penguatan Literasi SMP dan SMA

Salah satu contoh lingkungan fisik kaya teks di SMP-SMA/ SMK adalah menyediakan Sudut Baca Kelas. Guru dapat melibatkan murid untuk turut mengelola Sudut Baca Kelas. Bagaimana contoh kontribusi murid yang bermakna dalam pengelolaan sudut baca tersebut?
A. Menghias sudut baca kelas dengan aneka poster dan gambar.
B. Menjaga kerapian dan kebersihan sudut baca kelas.
C. Mengkurasi buku buku yang akan diletakkan di sudut baca kelas.
D. Mengingatkan teman temannya untuk tenang saat membaca.

Pada strategi “VIP (Very Important Point)” atau "TPP (Tandai Poin Penting)" yang dijelaskan dalam video, apa yang perlu diperhatikan guru sebagai bahan pertimbangan untuk memberikan umpan balik bagi murid?
a. jumlah teks yang disiapkan oleh murid
b. model dan desain penanda yang dibuat oleh murid
c. alasannya murid menandai bagian yang mereka anggap penting
d. sumber atau referensi yang digunakan oleh murid

Minat baca bukanlah sesuatu yang bisa muncul tiba-tiba seiring dengan bertambahnya usia, perlu dilakukan usaha yang disengaja dan rutin untuk menumbuhkan minat tersebut.
a. benar
b. salah

Salah satu contoh program ramah literasi yang dapat diterapkan di lingkup SMP dan SMA adalah mengadakan klub buku. Klub buku dapat berfungsi sebagai wadah untuk mendiskusikan buku bersama-sama.
Bagaimana peran guru dalam kegiatan klub buku ini?
a. guru memilihkan buku yang akan didiskusikan dalam klub buku
b. guru mengajukan pertanyaan pemantik yang sesuai saat diskusi buku
c. guru memastikan setiap murid sudah selesai membaca buku yang akan didiskusikan
d. guru menyiapkan perangkat asesmen untuk mengukur kemampuan literasi murid selama diskusi buku


Belum ada Komentar untuk "Topik 07 - Modul 3 | Penguatan Literasi SMP dan SMA"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel