Topik 24 - Modul 2 | Kerangka Dasar Penyusunan Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan


Topik 24 - Modul 2 | Kerangka Dasar Penyusunan Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan

Perhatikan cara penerapan kurikulum operasional pada 2 sekolah berikut:
Sekolah A
- Mengikuti contoh kurikulum operasional yang diberikan oleh Kemdikbudristek.
- Mengambil modul ajar yang diberikan kemdikbudristek untuk perencanaan pembelajaran
Sekolah B
- Mengembangkan kurikulum operasional sendiri
- Mengembangakan perencanaan pembelajaran sendiri
Di antara kedua sekolah tersebut, manakah sekolah yang sudah tepat dalam mengimplementasi kurikulum operasional satuan pedidikan?
a. Sekolah A
b. Sekolah B
c. Keduanya Benar
d. Tidak ada yang benar

Profil pelajar Pancasila dapat terbangun/tercapai pada diri peserta didik apabila pengorganisasian pembelajaran dapat mengoptimalkan:
a. Projek penguatan profil pelajar Pancasila
b. Kegiatan intrakurikuler
c. Kegiatan ekstrakurikuler
d. Jawaban a, b dan c benar

Cara untuk menentukan tingkat kesiapan satuan pendidikan dalam implementasi kurikulum operasional yaitu...
a. Mengikuti tingkat kesiapan sekolah terdekat
b. Menunggu arahan dari pengawas/dinas daerah
c. Melakukan refleksi mandiri dengan melibatkan para pendidik
d. Semua benar

Pembelajaran yang dilaksanakan pada satuan pendidikan harus mampu memenuhi keragaman potensi, kebutuhan perkembangan dan tahapan belajar, serta kepentingan peserta didik. Pernyataan diatas sesuai dengan prinsip....
a. esensial
b. Akuntabel
c. berpusat pada murid
d. melibatkan berbagai pemangku kepentingan

Komponen kurikulum operasional satuan pendidikan yang perlu ditinjau setiap 4-5 tahun yaitu...
a. Perencanaan pembelajaran
b. Pengorganisasian pembelajaran
c. Visi, misi dan tujuan satuan pendidikan
d. Pengembangan dan pendampingan profesional guru

Untuk mengetahui karakteristik satuan pendidikan, faktor eksternal yang dapat dianalisis adalah sebagai berikut, kecuali …
a. Potensi daerah
b. Sosial ekonomi
c. Budaya
d. Keunggulan sekolah

Cara untuk menentukan tingkat kesiapan satuan pendidikan dalam implementasi kurikulum operasional yaitu...
a. Mengikuti tingkat kesiapan sekolah terdekat
b. Menunggu arahan dari pengawas/dinas daerah
c. Melakukan refleksi mandiri dengan melibatkan para pendidik
d. Semua benar

Pernyataan di bawah ini yang menunjukkan peran pendidik dalam penyusunan kurikulum operasional satuan pendidikan adalah?
A. Mengembangkan rencana pembelajaran, meningkatkan kemajuan belajar, dan menyusun asesmen otentik yang memberikan umpan balik efektif serta melibatkan peserta didik secara aktif.
B. Memimpin dan melibatkan berbagai pemangku kepentingan dalam pengembangan kurikulum operasional yang kontekstual dan memenuhi kebutuhan belajar peserta didik.
C. Mendampingi, membimbing, dan mendorong satuan pendidikan di bawah binaannya untuk mengembangkan kurikulum operasional sesuai prinsip penyusunan.
D. Mengarahkan satuan pendidikan dalam proses pengembangan kurikulum operasional yang sesuai dengan kondisi riil satuan pendidikan.

Berikut ini yang tidak perlu dilakukan oleh pendidik dalam perencanaan pembelajaran adalah …
Jawaban : A



Belum ada Komentar untuk "Topik 24 - Modul 2 | Kerangka Dasar Penyusunan Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel