Topik 22 - Modul 2 | Bagaimana Mengatasi Perundungan yang Sudah Terjadi?

Topik 22 - Modul 2 | Bagaimana Mengatasi Perundungan yang Sudah Terjadi?

Layanan pengaduan kasus perundungan di sekolah harus memastikan bahwa dua aspek ini dipenuhi, yaitu….
A. Kemudahan dan Keamanan
B. Kemudahan dan Kerahasiaan
C. Kerahasiaan dan Keamanan
D. Kerahasiaan dan Pengertian

Agar lebih efektif, pemberian konsekuensi kepada pelaku harus mempertimbangkan…
A. Ranking di kelas
B. Kesesuaian tindakan dan proporsionalitas
C. Relasi orang tua pelaku dengan sekolah
D. Akreditasi sekolah

Salah satu bantuan yang dapat disediakan oleh sekolah bagi korban perundungan adalah…
A. Beasiswa pendidikan
B. Voucher membeli buku gratis
C. Bantuan alat belajar
D. Rujukan dan pembiayaan konseling gratis

Untuk mengatasi perundungan dan mendukung korban, guru dapat melakukan aksi-aksi berikut, kecuali…
A. Memberikan hari libur untuk korban beristirahat
B. Mendiskusikan kebutuhan akademis korban
C. Mendorong interaksi sosial korban melalui kegiatan kelas
D. Berdiskusi dengan orang tua korban

Berikut yang termasuk ke dalam faktor-faktor penyebab menjadi pelaku perundungan adalah…
A. Keluarga dan sekolah
B. Lingkungan sosial dan kelompok sebaya
C. Tayangan di media massa
D. Semua benar

Manakah pihak yang tidak memiliki peran dalam terjadinya perundungan?
A. Guru
B. Teman sekelas korban
C. Perundung
D. Semua salah

Ketika menerima aduan mengenai kejadian perundungan, hal pertama yang perlu dilakukan oleh Tim Pengaduan adalah...
A. Melaporkan ke kepolisian
B. Melihat kebutuhan peserta didik yang menjadi korban
C. Berkonsultasi dengan Komnas Perlindungan Anak
D. Berkonsultasi dengan Dinas Pendidikan Kecamatan

Di bawah ini, sikap yang tepat terhadap bystander adalah...
A. Menyalahkannya karena bersikap pasif
B. Menanyakan kondisinya
C. Acuh atas keberadaannya
D. Ikut menghukum bystander

Dari skenario berikut, mana yang merupakan perubahan sosial yang bisa diidentifikasi dari korban perundungan?
A. Sinta tidak lagi aktif berinteraksi dengan teman-teman dekatnya.
B. Mikael memakan bekalnya sendirian di lapangan.
C. Putu enggan menyampaikan pendapatnya dalam berdiskusi
D. Semua benar

Berikut ini yang buka kecenderungan yang sering ditemukan pada pelaku perundungan adalah...
A. Kurang berempati
B. Mengganggu teman-teman
C. Tidak peduli perasaan orang lain
D. Sering mengikuti kegiatan kepanitiaan di sekolah

Apa yang tidak boleh dilakukan oleh seorang ally atau sekutu?
A. Melaporkan perundungan
B. Menghiraukan korban
C. Menghiraukan perundungan
D. Menghentikan tindakan perundungan

Kenapa seseorang dapat menjadi seorang penonton dalam kasus perundungan?
Jawaban : D

Ketika memverifikasi masalah setelah menerima aduan perundungan, pendidik dan tenaga kependidikan perlu memperhatikan kesediaan korban/saksi untuk ditanyakan kronologi kejadian. Contoh perilaku yang menunjukkan hal tersebut adalah...
Jawaban : D







































Belum ada Komentar untuk "Topik 22 - Modul 2 | Bagaimana Mengatasi Perundungan yang Sudah Terjadi?"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel