Topik 20 - Modul 3 | Tegas Tanpa Bias

Topik 20 - Modul 3 |  Tegas Tanpa Bias

Tingkatan piramida kebencian yang paling parah dari segi tindakan dan kerusakannya adalah…
a. Prasangka
b. Genosida
c. Diskriminasi
d. Kekerasan
Jawaban : B

Saat Isma tidak mengikuti pelajaran olahraga, Pak Jaka langsung memarahi Isma di depan teman-temannya. Padahal sebenarnya, Isma sedang tidak enak badan. Perilaku Pak Jaka adalah contoh yang berlawanan dengan langkah…
a. Menerima
b. Mengakui
c. Terus belajar
d. Mempertanyakan pilihan
Jawaban : D

Kecenderungan untuk mencari bukti-bukti yang sesuai dengan pendapat pribadi tanpa mencari bukti-bukti yang berlawanan, adalah…
a. Bias mengabaikan kemungkinan
b. Confirmation bias
c. Status quo bias
d. Ingroup bias
Jawaban : B

Ibu Ambar menyukai cara Andre mengorganisasi dan rapi dalam membuat notulensi diskusi kelas. Namun, karena Sinta adalah sekretaris kelas, Ibu Ambar tidak meminta Andre. Ibu Ambar jadi berpikir. Mengapa selama ini tugas sekretaris seringkali diberikan kepada murid perempuan. Padahal murid laki-laki mungkin saja memiliki kompetensi yang sama baiknya, seperti Andre. Perilaku Ibu Ambar merupakan contoh dari…
a. Refleksi
b. Menyadari
c. Terus belajar
d. Renungan harian
Jawaban : B

Tingkatan awal piramida kebencian yang harus dihilangkan agar terhindar dari perilaku intoleransi dan kekerasan, adalah…
Jawaban : B

Beberapa cara yang tepat dalam menerapkan langkah terus belajar, antara lain…
A. Meminta pendapat guru lain mengenai murid, dan mencatat hal menarik yang perlu diperhatikan  Salah
B. Bertanya dan berdialog langsung dengan murid, sambil melakukan pendataan mengenai diri, asal dan kondisi murid 
C. Meminta murid membuat rangkuman yang menarik mengenai daerah asalnya
D. Mengikuti akun sosial media murid, dan memeriksanya secara berkala

Berikut dampak berbahaya dari bias, adalah…
A. Membuat keputusan yang salah dan tidak adil
B. Memicu tindakan diskriminasi
C. Salah satu akar tindakan intoleransi
D. Semua benar

Menganggap kelompoknya yang terbaik/benar/mutlak, sehingga tercipta persepsi bahwa kelompok lain salah adalah...
A. Confirmatin bias
B. Bias mengabaikan kemungkinan
C. Ingroup bias
D. Negativity bias

Terdapat sebagian metode yang pas buat mempraktikkan langkah supaya terus dapat belajar, yaitu...
A. Memohon komentar pada guru lain tentang anak didik, dan mencatat perihal menarik yang berarti buat dicermati.
B. Turut akun sosial media siswa berikutnya memeriksa
C. Bertanya langsung dengan anak didik serta mendata kondisinya
D. Berikan tugas siswa membuat rangkuman tentang wilayah asalnya






































Belum ada Komentar untuk "Topik 20 - Modul 3 | Tegas Tanpa Bias"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel