Topik 17 - Modul 1 | Layanan Peminatan dan Perencanaan Individual



Topik 17 - Modul 1 | Layanan Peminatan dan Perencanaan Individual

Soal 1. Berikut yang bukan menjadi alasan satuan pendidikan perlu memberikan ruang eksplorasi yang luas dalam berbagai bidang kepada peserta didik, adalah…
A. Keterbatasan sumber daya yang dimiliki sekolah untuk mengembangkan minat
B. Minat peserta didik dapat berkembang dari waktu ke waktu
C. Pemahaman diri terhadap minat, bakat, dan kemampuan membutuhkan proses yang panjang
D. Peserta didik perlu mengenali proses belajar dalam dirinya terlebih dahulu

Soal 2. Saat melakukan pengamatan untuk memetakan kebutuhan layanan peminatan, peran guru BK dan wali kelas adalah…
A. Sebatas melihat peserta didik bermain di jam istirahat dan kegiatan pembelajaran
B. Mengamati dari jauh dan memastikan peserta didik bermain dengan hati-hati
C. Mencatat hasil pengamatan sebagai berkas administrasi sekolah
D. Melakukan pencatatan dan menghampiri peserta didik untuk mengetahui kegiatan yang dilakukan lebih lanjut

Soal 3. Pada saat pembelajaran berdiferensiasi di mata pelajaran mulok Bahasa Jawa, Dinda memilih untuk membuat poster sebagai produk pembelajaran. Salah satu minat yang terlihat dari pilihan produk Dinda adalah…
A. Minat terhadap bahasa jawa
B. Minat terhadap seni rupa
C. Minat terhadap seni pertunjukan
D. Minat terhadap pembelajaran berdiferensiasi

Soal 4. Selaku guru BK, Ibu Imelda telah mendapatkan hasil pemetaan kebutuhan dari seluruh kelas. Selanjutnya, Ibu Imelda bersama para wali kelas harus membuat rencana layanan peminatan yang akan dilakukan, karena…
A. Rencana kegiatan layanan peminatan menjadi penentu apakah satuan pendidikan telah melakukan implementasi Kurikulum Merdeka
B. Rencana kegiatan menjadi panduan pelaksanaan layanan peminatan yang tidak boleh diubah selama satu tahun
C. Rencana kegiatan dapat memandu pendidik untuk melaksanakan layanan berdasarkan hasil pemetaan kebutuhan peserta didik
D. Rencana kegiatan merupakan bukti tertulis bahwa kegiatan layanan peminatan disediakan oleh satuan pendidikan

Soal 5. Layanan peminatan seperti kegiatan Hari Karis dapat dilaksanakan dengan melibatkan orang tua peserta didik sebagai…..untuk menceritakan pengalamannya mengenai profesi tertentu.
A. Peserta Kegiatan
B. Narasumber
C. Guru
D. Peserta Didik

Soal 6. Perhatikan macam-macam video berikut.
1) Film dokumenter
2) Video animasi
3) Film pendek
Manakah macam video yang dapat dimanfaatkan sebagai media layanan peminatan?
A. 1
B. 1 dan 2
C. 2 dan 3
D. 1, 2, dan 3

Soal 7. Ketika peserta didik terlihat mengalami kesulitan terus menerus dan merasa tertekan di kejuruan yang saat ini dijalani, pilihan apa yang dapat pendidik berikan?
A. Meyakinkan peserta didik untuk melanjutkan di jurusan saat ini
B. Memberikan pilihan untuk mencoba jurusan yang diinginkan di tahun berikutnya setelah pendidik melakukan observasi dan konseling
C. Memberikan berbagai alternatif pilihan karir
D. Meminta teman-teman peserta didik untuk meyakinkan peserta didik

Soal 8. Berikut yang bukan merupakan poin yang dapat dilakukan pendidik jika jurusan peserta didik tidak sesuai dengan yang diharapkan adalah…
A. Berdiskusi dengan peserta didik mengenai kemungkinan karir yang dapat diambil
B. Memberikan waktu kepada peserta didik untuk bercerita
C. Mengajak peserta didik untuk memberikan informasi yang didapatkan dari kegiatan perluasan wawasan terkait karir
D. Meminta peserta didik untuk secepatnya memilih pilihan karir yang lain

Soal 9 Contoh kegiatan layanan peminatan dan perencanaan individual yang kurang tepat pada jenjang SMA/ SMK adalah…
A. Melakukan kerja sama dengan mitra dunia kerja untuk kegiatan magang
B. Memperkenalkan peserta didik dengan profesi-profesi orangtua murid di sekolah
C. Menyediakan konseling untuk membuat rencana setelah kelulusan
D. Mengundang narasumber untuk melakukan sosialisasi bidang-bidang perkuliahan

Soal 10. Peserta didik yang berada dalam kategori Artistic memiliki minat pada…
A. Pekerjaan yang membutuhkan kekuatan otot
B. Individu lain dibandingkan dengan alat kerja
C. Hal-hal yang mendetail, terorganisir, dan berkaitan dengan data
D. Situasi yang memberikan mereka keleluasaan untuk memanfaatkan kreativitas

Soal 11. Setelah melakukan pemetaan kebutuhan layanan peminatan di SD Natuna, ditemukan bahwa sebagian bersar peserta didik hanya akrab dengan bidang pertanian dan perikanan. Menanggapi hal tersebut, guru BK dengan wali kelas dapat bekerja sama memberikan layanan peminatan berupa…
A. Menggunakan berbagai sumber ajar (video, buku, dll) untuk memperkenalkan konteks bidang yang beragam.
B. Mengundang narasumber yang bekerja di bidang pertanian dan perikanan.
C. Mengajak peserta didik untuk melakukan kunjungan lapangan ke bidang pertanian dan perikanan.
D. Menyediakan program magang bagi peserta didik di berbagai bidang.

Soal 12. Untuk menentukan layanan peminatan yang tepat di SLB, pendidik perlu mempertimbangkan…
A Pandangan masyarakat terhadap SLB
B Teknologi canggih yang harus digunakan
C Keyakinan guru terhadap potensi peserta didik
D Kebutuhan khusus peserta didik

Soal 13. Bentuk layanan peminatan yang kurang tepat untuk anak berkebutuhan khusus tunarungu adalah…
A Melakukan diskusi dengan narasumber melalui telepon
B Mengundang narasumber langsung ke sekolah
C Berkomunikasi dengan narasumber melalui panggilan video
D Menunjukan berbagai macam bidang dan profesi lewat video yang beragam

Soal 14. Berikut merupakan sikap seorang guru:
1) Mendengarkan dengan seksama tanpa mencela
2) Memberikan nasihat kepada peserta didik
3) Menggunakan pertanyaan terbuka
4) Mengarahkan pembicaraan
Manakah yang merupakan sikap yang harus dimiliki guru saat peserta didik sedang bercerita?
A. 1 dan 3
B. 2 dan 4
C. 1 dan 4
D. 2 dan 3

Dalam melaksanakan layanan peminatan, manakah sumber belajar yang dapat memberikan pengalaman langsung bagi peserta didik?
jawaban : C. Alat Peraga

Melibatkan komunitas disabilitas dewasa dalam layanan peminatan di SLB sangat penting untuk…
jawaban : C.  

Berikut yang bukan merupakan sikap pendidik saat melakukan diskusi terkait perencanaan karir dengan peserta didik adalah...
jawaban : B.  

Belum ada Komentar untuk "Topik 17 - Modul 1 | Layanan Peminatan dan Perencanaan Individual"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel