Topik 02 - Modul 3 | Mendampingi Murid dengan Utuh dan Menyeluruh | Merdeka Belajar

Kunci Jawaban Post Test Modul 3 Mendampingi Murid dengan Utuh dan Menyeluruh

1. Menurut Ki Hadjar Dewantara, kodrat keadaan terdiri dari…
  • kodrat alam dan kodrat zaman.✔️
  • kodrat alam dan kodrat dunia.
  • kodrat zaman dan kodrat dunia.
  • kodrat dunia dan kodrat akhirat.

2. Apa saja yang sangat dibutuhkan murid untuk membantu mereka menguatkan kekuatan-kekuatan kodratnya?
  • Pembelajaran kontekstual dan lingkungan yang mendukung.
  • Peran guru sebagai fasilitator dan lingkungan yang mendukung.
  • Peran guru sebagai fasilitator dan pembelajaran kontekstual.✔️
  • Keterampilan hidup dan peran guru sebagai penghubung.

3. Kebudayaan menuju arah kesatuan kebudayaan dunia (kemanusiaan) merupakan penjelasan dari…
  • kontinuitas.
  • konvensi.
  • konvergen.✔️
  • konsentris.

4. Saat ini guru bukan lagi sebagai satu-satunya sumber belajar murid. Lalu apa yang dapat guru lakukan?
  • Guru dapat berperan sebagai sumber instruksi pembelajaran mandiri.
  • Guru dapat berperan sebagai pengawas proses belajar di sekolah.
  • Guru dapat berperan sebagai penghubung murid dengan sumber belajar di sekitar murid.✔️
  • Guru dapat berperan menciptakan tujuan belajar murid untuk mencerdaskan bangsa.

5. Selain peran guru sebagai penghubung, hal berikut juga dibutuhkan murid untuk membantu mereka menguatkan kekuatan-kekuatan kodratnya...
  • pembelajaran mandiri.
  • pembelajaran praktis.
  • pembelajaran demokratis.
  • pembelajaran kontekstual.✔️

6. Murid sebagai individu yang unik sejatinya mendapatkan tuntunan yang sesuai dengan....
  • minat dan potensinya.
  • tuntutan masa depan.
  • target belajar di sekolah.
  • kebutuhan lingkungannya.

7. Berikut ini merupakan kemampuan yang harus dimiliki pendidik terkait potensi yang ada pada setiap murid ...
  • Kepekaan dalam mengidentifikasi potensi yang ada pada setiap murid✔️
  • Kepekaan dalam menentukan potensi untuk setiap murid
  • Menemukan dan menggali potensi kesenian yang ada pada setiap murid
  • Semangat dalam mengintervensi minat yang ada pada setiap murid

8. Berikut ini adalah contoh kegiatan yang tepat dalam merespon keunikan potensi yang ada dalam setiap murid ...
  • Melakukan ujian sumatif mata pelajaran Seni Budaya
  • Memberikan ruang untuk mengembangkan keunikan potensi murid✔️
  • Menyarankan murid untuk masuk penjurusan IPS
  • Mengharuskan murid untuk bergabung kedalam ekskul teater

9. Salah satu prinsip dalam melakukan perubahan berkaitan dengan kemajuan kebudayaan yang dilakukan secara berkesinambungan dan terus menerus. prinsip tersebut adalah...
  • Kontinyu✔️
  • Konvensi
  • Konvergen
  • Konsentris

10. Berikut adalah manfaat pembelajar sepanjang hayat yang dapat dimiliki, kecuali..
  • mengoptimalisasi potensi diri.
  • meningkatkan kualitas hidup secara berkesinambungan.
  • hidup dengan minimalis dan secukupnya.✔️
  • menghadapi tantangan masa depan dan mengubahnya menjadi peluang.

Belum ada Komentar untuk "Topik 02 - Modul 3 | Mendampingi Murid dengan Utuh dan Menyeluruh | Merdeka Belajar"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel