KISI-KISI Sejarah Indonesia Kurikulum : 2013 Program : Semua Rumpun
Maret 13, 2019
Tambah Komentar
KISI-KISI UJIAN SEKOLAH BERSTANDAR NASIONAL SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN / MADRASAH ALIYAH KEJURUAN TAHUN PELAJARAN 2018/2019
Mata Pelajaran : Sejarah Indonesia
Kurikulum : 2013
Program : Semua Rumpun
Level Kognitif
|
Lingkup Materi
|
||||
Prinsip-Prinsip
Dasar Ilmu Sejarah
|
Masa Praaksara,
Hindu-Buddha dan Islam
|
Pengaruh
Barat terhadap
Pergerakan Nasional
Indonesia hingga
Terbentuknya Negara
Kebangsaan Indonesia
|
Perjuangan
bangsa
Indonesia sejak
Masa Proklamasi
Kemerdekaan
sampai Tahun 1965
|
Perkembangan
Masyarakat
Indonesia
sejak Orde
Baru sampai Reformasi
|
|
Pengetahuan dan
Pemahaman
• Menjelaskan
• Menentukan
• Mengidentifikasi
• Mendeskripsikan
• Memberi
contoh
|
Peserta didik
memahami dan menguasai tentang:
- prinsip-prinsip
dasar ilmu sejarah (pengetahuan
sejarah, ciri-ciri sejarah,
unsurunsur sejarah, konsep waktu, ruang lingkup, priodisasi, kronologi,
kronik dan historiografi)
|
Peserta didik
memahami dan menguasai tentang:
-
kehidupan manusia praaksara dan asalusul nenek moyang
bangsa Indonesia (melanesoid, proto, dan deutro melayu)
-
proses masuknya agama dan kebudayaan Hindu-
Buddha ke
Indonesia
-
proses masuknya agama dan kebudayaan Islam
ke Indonesia
|
Peserta didik memahami dan
menguasai tentang:
-
penjajahan bangsa Barat dan Jepang di Indonesia
-
lahirnya pergerakan
nasional di Indonesia
|
Peserta didik
memahami dan menguasai tentang :
-
peristiwa seputar proklamasi kemerdekaan Indonesia
-
perkembangan
kehidupan
politik dan ekonomi Bangsa Indonesia pada masa awal kemerdekaan sampai pada
masa
Demokrasi
Terpimpin
|
Peserta didik
memahami dan menguasai tentang :
kehidupan
Bangsa Indonesia dalam mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi pada era
kemerdekaan (sejak proklamasi sampai dengan Reformasi)
|
Level Kognitif
|
Lingkup Materi
|
||||
Prinsip-Prinsip
Dasar Ilmu Sejarah
|
Masa Praaksara,
Hindu-Buddha dan Islam
|
Pengaruh
Barat terhadap
Pergerakan Nasional
Indonesia hingga
Terbentuknya Negara
Kebangsaan Indonesia
|
Perjuangan
bangsa
Indonesia sejak
Masa Proklamasi
Kemerdekaan
sampai Tahun 1965
|
Perkembangan
Masyarakat
Indonesia
sejak Orde
Baru sampai Reformasi
|
|
Aplikasi
• Mengklasifikasi
• Menerapkan
• Membandingkan
• Menginterpretas
• Membedakan
• Menujukkan
|
Peserta didik dapat mengaplikasikan pengetahuan dan
pemahaman tentang:
konsep
priodisasi, kronologi, kronik
dalam sejarah
|
Peserta didik dapat mengaplikasikan pengetahuan dan
pemahaman tentang:
-
kehidupan masa Praaksara dan asalusul nenek moyang Bangsa
Indonesia
-
kehidupan sosial, ekonomi dan budaya pada masa Hindu,
Buddha dan
Islam di Indonesia
|
Peserta didik dapat mengaplikasikan pengetahuan dan
pemahaman tentang:
-
perkembangan penjajahan bangsa Eropa (Portugis, Spanyol,
Belanda,
Inggris) dan
Jepang di Indonesia
-
Strategi perlawanan bangsa Indonesia terhadap penjajahan
-
Pertumbuhan dan perkembangan nasionalisme di
Indonesia
|
Peserta didik dapat mengaplikasikan pengetahuan dan
pemahaman tentang:
-
peran tokoh-tokoh nasional dan daerah dalam memperjuangkan
kemerdekaan Indonesia
-
pembentukan pemerintahan pertama Republik Indonesia
-
perjuangan tokoh dalam mempertahankan kemerdekaan sampai
Tahun 1965
-
kehidupan politik dan ekonomi Bangsa Indonesia sampai pada
masa
Demokrasi
Terpimpin
|
Peserta didik dapat mengaplikasikan pengetahuan dan
pemahaman tentang:
kehidupan
sosial, ekonomi, politik Bangsa Indonesia pada masa Orde Baru sampai masa
Reformasi
|
Level Kognitif
|
Lingkup Materi
|
||||
Prinsip-Prinsip
Dasar Ilmu Sejarah
|
Masa Praaksara,
Hindu-Buddha dan Islam
|
Pengaruh
Barat terhadap
Pergerakan Nasional
Indonesia hingga
Terbentuknya Negara
Kebangsaan Indonesia
|
Perjuangan
bangsa
Indonesia sejak
Masa Proklamasi
Kemerdekaan
sampai Tahun 1965
|
Perkembangan
Masyarakat
Indonesia
sejak Orde
Baru sampai Reformasi
|
|
Penalaran
• Membandingkan
• Menyimpulkan
• Membuktikan
• Menganalisa
• Mensintesis
• Mengevaluasi
• Memprediksi
• Menyelesaikan
masalah
|
Peserta didik dapat menggunakan nalar dalam mengkaji:
konsep
historiografi dalam ilmu sejarah
|
Peserta didik dapat menggunakan nalar dalam mengkaji:
-
kehidupan masa Pra Aksara dan asal-usul nenek moyang
Bangsa Indonesia
-
kehidupan sosial, ekonomi, politik dan budaya pada masa
HinduBuddha dan Islam
di Indonesia
|
Peserta didik dapat menggunakan nalar dalam mengkaji:
-
dampak penjajahan bagi masyarakat Indonesia di berbagai
bidang
-
terbentuknya negara kebangsaan
Indonesia
|
Peserta didik dapat menggunakan nalar dalam mengkaji :
-
strategi dan bentuk perjuangan bangsa Indonesia dalam
upaya mempertahankan kemerdekaan Indonesia
-
Pergolakan dalam negeri
(pemberontakan
PKI Madiun 1948,
DI/TII, APRA,
Andi Aziz, RMS,
PRRI, Permesta,
G-30-S/PKI)
-
peran tokoh-tokoh nasional dan daerah dalam memperjuangkan
kemerdekaan
Indonesia
|
Peserta didik dapat menggunakan nalar dalam mengkaji:
-
peran pelajar, mahasiswa, dan pemuda dalam perubahan
politik dan ketatanegaraan Indonesia
-
peran bangsa Indonesia dalam perdamaian dunia (KAA, Misi
Garuda, Gerakan
Non Blok,
ASEAN, OKI, dan
Jakarta Informal
Meeting)
-
kehidupan sosial, ekonomi, politik Bangsa Indonesia pada
masa Orba sampai masa
Reformasi
|
Belum ada Komentar untuk "KISI-KISI Sejarah Indonesia Kurikulum : 2013 Program : Semua Rumpun"
Posting Komentar