Panduan Pengisian PDSS SMK/MAK Login Sekolah

II. Login Sekolah

Sekolah harus login terlebih dahulu sebelum mulai mengisi PDSS. Sekolah yang bisa login hanya sekolah yang sudah terdaftar di PDSS. Jika sekolah belum terdaftar, silahkan lihat petunjuk untuk mendaftarkan sekolah (Bagian 2.2).
Berikut ini adalah langkah untuk melakukan login.
1. Membuka halaman PDSS. Tampilan awal PDSS adalah sebagai berikut:
2. Klik tombol Halaman untuk Sekolah, dan akan muncul tampilan berikut:
Selanjutnya, sekolah harus memilih/mencari sekolahnya dari daftar sekolah. Pada kotak bertanda Cari Sekolah, tuliskan nama sekolah yang dimaksud (misalnya SMK 1 Bandung) kemudian klik tombol Cari. Selanjutnya, login seperti pada tampilan berikut:
3. Setelah berhasil login, pada layar akan muncul tampilan berikut:
Data akreditasi sekolah yang tercantum di laman PDSS sesuai dengan data yang tersimpan di Badan Akreditasi Nasional Sekolah & Madrasah. Jika terdapat ketidaksesuaian data, sekolah menuliskan persoalan ini lewat menu Bantuan (Helpdesk).

2.1 Lupa Password

Jika sekolah lupa password, klik tombol Lupa Password? pada halaman Akreditasi Sekolah tampilan di atas. Pada layar akan muncul tampilan recovery password seperti berikut:

PDSS 2018 menyediakan 2 (dua) macam pilihan untuk mendapatkan password baru., yaitu passwaord akan dikirim lewat email, atau dengan mengunggah dokumen SK KepSek. Jika memilih tab Mendapatkan password baru dengan mengirimkan email maka sistem akan meminta isian NPSN seperti pada tampilan berikut:


Klik tombol Kirim dan sistem akan mengirim email ke alamat email sekolah tentang informasi untuk mereset password seperti tampilan sebagai berikut.


Untuk pilihan mengunggah dokumen, pilih tab Mendapatkan password baru dengan mengunggah dokumen , dan sistem akan meminta isian NPSN dan mengunggah dokumen SK Pengangkatan Kepala Sekolah seperti halaman berikut:
Pastikan bahwa dokumen yang diunggah adalah dokumen yang SAMA dengan dokumen yang diunggah pada saat sekolah mendaftar ke PDSS.

Setelah tombol Kirim di-klik, maka password baru akan tampil di layar seperti berikut:

2.2 Pendaftaran Sekolah Baru

Terdapat 2 (dua) kategori untuk sekolah yang pertama kali melakukan pengisian PDSS
 Sekolah sudah ada dalam daftar sekolah di PDSS, tapi sekolah belum pernah mengisi form pendaftaran, atau
 Sekolah belum ada dalam daftar sekolah di PDSS

2.2.1 Sekolah Sudah Ada dalam Daftar PDSS

Kasus ini terjadi jika sekolah sudah ‘dikenal’ oleh sistem sehingga sekolah berhasil ditemukan oleh sistem dengan menu Cari sekolah. Pilih atau klik nama sekolah yang dimaksud, dan lengkapi form pendaftaran melalui menu Pendaftaran Sekolah dengan tampilan berikut:

Klik tombol Lanjutkan untuk memproses pendaftaran. Kemudian sekolah harus:

1. Mengisi form pendaftaran

Sekolah mengisi formulir pendaftaran seperti pada tampilan di bawah ini, dan sistem akan melakukan validasi NPSN sekolah. Jika pengisian form sudah selesai pilih tombol Simpan Pendaftaran Sekolah supaya sistem menyimpan data sekolah.


Sekolah dapat login ke PDSS setelah pendaftaran sekolah berhasil dilakukan.

2. Mendaftarkan jurusan
Setelah melakukan pendaftaran, sekolah harus login ke PDSS. Daftarkan jurusan yang ada di sekolah. Akreditasi setiap jurusan secara otomatis akan mengacu pada data yang berada di BAN-SM

2.2.2 Sekolah Belum Ada di Daftar PDSS

Kondisi ini terjadi jika PDSS tidak memuat sekolah dalam daftar sekolah sehingga tidak akan ditemukan pada fasilitasCari Sekolah. Sekolah harus memilih tab Daftar Sekolah Baru dengan tampilan berikut:

Selanjutnya sekolah harus mengisi NPSN sekolah pada halaman berikut:

Sistem PDSS akan memeriksa validitas NPSN yang diisikan. Jika NPSN sudah terdaftar, maka informasi sekolah akan muncul pada form berikut:

Lengkapi informasi sekolah pada form tersebut di atas dengan mengikuti panduan yang sama dengan pendaftaran sekolah baru untuk sekolah yang ada di daftar PDSS (bagian 2.2.1).
Jika NPSN tidak dikenal, atau jika sekolah belum memiliki NPSN, maka sekolah harus mendaftar secara manual dengan mengirimkan surat kepada Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) setelah memiliki NPSN. Dengan surat ini, PDSS akan menambahkan sekolah dengan NPSN. Selanjutnya, sekolah harus mengulang proses 2.2.2. Berikut contoh tampilan jika NPSN belum terdaftar:

Berikut adalah contoh tampilan jika NPSN yang diisikan salah:

Belum ada Komentar untuk "Panduan Pengisian PDSS SMK/MAK Login Sekolah"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel