ASAL USUL DESA LALUNG


ASAL USUL DESA LALUNG

kali ini akan Saya tulis cerita tentang asal mula nama Desa Lalung Halitu benar-benar cerita kisahn nyata atau hanya sekedar mitos karangan orang-orang tua belaka sepertinya tidak ada mengetauhuinya. Awal dari kisah perjalanan seorang pengembara yang namanya saya lupa., yang pastinya dia seorang Resi yang lumayan sakti mandra guna dan mempunyai banyak pusaka. Nama lain dari Pusaka daloam bahasa setempat adalah palalung


Pada suatu hari dalam perjalanan pengembaraan Seorang Resi yang Sakti mandraguna sampailah di suatu tempat. Setelah seharian berjalan di suatu siang yang panas oleh teriknya cahya matahari Resi tadi sudah merasa letih dan beristirahatlah dia disuatu tempat sebuah waduk DikeluarkanNya bekal makanan dan beberapa pusaka palalung yang dibawa saat itu. Setelah selesei memakan bekal makanan, Karena letihnya sapai-sampai ketiduran dalam istirahatnya dalam perjalanan itu.

Setelah beberapa saat ketiduran Resi yang Sakti itu terbangun dari tidur dalam istirahat siang itu. Karena perjalanan masih jauh maka segera Resi itu mengemas barang-barangNya dan bergegas melanjutkan perjalanan yang masih jauh tujuannya.

Sesampai di tempat tujuan Resi Sakti baru sadar kalau ada satu pusaka yang  tidak terbawa dan kemungkinan tertinggal di tempat istirahat saat perjalanan siag tadi. Karena hari telah larut malam  Resi itu berniat akan kembali hari berikutnya ke tempat istirahat siang tadi, kalau-kalau pusaka palalung tadi tertingal dan masih ada disana.

Keesokan harinya Resi Sakti kembali ketempat istirahat kemarin. Setelah sampai ternyata memang benar pusaka palalung tersebut memang tertingal disitu dan masih berada ditempatnya. Dengan mengambil pusaka palalung itu Resi Sakti berkata dalam bahasa jawa: 

Jebul kawisane palalung iki tesih ketingalan neng papan kene kene. Yoh.. . kapan ono rejaning jaman, papan iki takjenengne koyo pusoko ku Palalung ng sg tepat yo iku  DESA LALUNG. Yang artinya:

Trnyata Pusaka ini tertingal disini. Kalau begitu kelak bila tempat ini telah menjadi Ramai Saya namai Tempat ini dengan Sebutan sama seperti pusaka ku palalung tapi yg paling tepat itu DESA LALUNG

 NARASUMBER: MBAH RESO SENTONO

Belum ada Komentar untuk "ASAL USUL DESA LALUNG"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel