ASAL-USUL DESA GLAGAH


ASAL-USUL DESA GLAGAH

Pada sekitar tahun 1869 di wilayah kabupaten karanganyar dengan arah bagian timur jurusan wisata ke tawangmangu, terdapat suatu daerah subur dengan suhu udara yang sedang tidak terlalu dingin dan tidak terlalu panas. Daerah tersebut bukan merupakan daerah sasaran atau jujukan para pengembara atau pendatang lainnya , namun merupakan daerah lewatan saja. Dari tahun ke tahun jumlah pengembara yang melewati daerah tersebut untuk menuju daerah sasaran , sehingga para pengembara yang melewati daerah tersebut melakukan pembukaan hutan, dimana mbah suro mengatakan hutan daerah tersebut adalah hutan rumput glagah (tanaman sejenis tanaman tebu). Pembukan hutan menjadi semakin luas sehingga kemudian daerah tersebut menjadi sebuah perkampungan penduduk yang cukup ramai dimana akhirnya penghidupan  masyarakatnya di situ  cukup makmur.

Karena daerah tersebut termasuk daerah yang subur dengan curah hujan sedang sehingga banyak hasil bumi yang di hasilkan di antaranya padi dan palawija, sehingga  kemudian penjajah belanda yang pada waktu  itu telah menguasai seluruh wilayah  Nusantara berusaha untuk  menguasai  daerah tersebut.

Menurut penjelasan Mbah Suro , pada masa penjajahan  belanda, itulah untuk pertama kalinya daerah tersebut di sebut dengan nama GLAGAH yang berasal dari asal

Belum ada Komentar untuk "ASAL-USUL DESA GLAGAH"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel