| 
Level Kognitif  | 
Lingkup Materi  | ||||
| 
Enzim dan Metabolisme  | 
Mikroorganisme  | 
Polusi/Pencemaran Lingkungan  | 
Keanekaragaman  
Hayati dan Ekologi  | 
Bioteknologi  | |
| 
Pengetahuan
  dan  
Pemahaman
   
-       
  menyebutkan  
-       
  menjelaskan  
-       
  mengidentifikasi  
-       
  menunjukkan  
-       
  mendeskripsikan  | 
Siswa mampu:   
•    Mengidentifikasi  ciri-ciri enzim   
•    Mendeskripsikan  peranan enzim dalam metabolisme pada
  tumbuhan  
•   
  Menyebutkan pengertian  
glikolisis  | 
Siswa mampu:  
 Mengidentifikasi
  : o jamur
  berdasarkan ciri-cirinya. o
  virus
  berdasarkan cara  
reproduksinya
     | 
Siswa mampu:  
•      Menjelaskan
  karakteristik limbah   
•      Menyebutkan
  :  
o macam-macam
  limbah  o metode mengolah limbah  
tumbuhan
  (3R)   | 
Siswa mampu:  
•     
  Menunjukkan :  
o  
  tingkat 
  keanekaragaman  
hayati   
o   interaksi
  yang terjadi dalam ekosistem dalam bentuk bagan  
•      Mengidentifikasi
  macam-macam  
ekosistem   | 
Siswa mampu:  
•     Menjelaskan
  prinsip bioteknologi  
•     Menyebutkan
  macam-macam produk bioteknologi   
•    
  Mengidentifikasi mikroba yang tepat pada produk
  bioteknologi   | 
| 
Aplikasi
   
-       
  menerapkan  
-       
  mengurutkan  
-       
  mengklasifikasi  
-       
  menentukan  
-       
  memilih  | 
Siswa mampu:  
•     
  Menentukan persamaan reaksi pada respirasi  
seluler (aerob)   
•     
  Mengurutkan empat tahapan  | 
Siswa mampu  
 Mengklasifikasi :  
o   bakteri
  berdasarkan bentuknya  
o  
  jamur  
berdasarkan
  ciri  | 
Siswa mampu:  
 Menentukan
  jenisjenis limbah berdasarkan wujudnya 
   | 
Siswa mampu:  
 Mengklasifikasikan
  makhluk hidup berdasarkan ciri, sifat dan tempat hidupnya   | 
Siswa mampu:  
 Menerapkan
  konsep dan prosedur  bioteknologi   | 
| 
Level Kognitif  | 
Lingkup
  Materi  | ||||
| 
Enzim dan Metabolisme  | 
Mikroorganisme  | 
Polusi/Pencemaran Lingkungan  | 
Keanekaragaman  
Hayati dan Ekologi  | 
Bioteknologi  | |
| 
reaksi pada respirasi seluler   | 
spora
  seksual dan tubuh  
buahnya   | 
•     Menerapkan
  pengelolaan limbah di lingkungannya   
•    
  Memilih jenis pengelolaan limbah yang sesuai.   | 
 Mengurutkan
  peran mahluk hidup dalam  
jarring- 
jaringmakanan   | 
 Menentukan ciriciri bioteknologi konvensional   | |
| 
Penalaran dan  
Logika   
-       
  menganalisis  
-       
  menelaah  
-       
  mengaitkan  
-       
  memecahkan  
-       
  mendeteksi  
-       
  membandingkan  
-       
  menyimpulkan  
-       
  merancang  | 
Siswa mampu:  
•    Menelaah
  jenis reaksi pada respirasi anaerob   
•    Menganalisis
  sintesis asam lemak pada reaksi Krebs   
•    Menyimpulkan
   
hasil percobaan keaktifan enzim
  katalase.  | 
Siswa mampu:  
•    
  Menganalisis :  
o   keterkaitan
  antara jenisjenis bakteri dengan cara penanganannya  
o   ciri-ciri
  jamur berdasarkan ciri morfologi dan anatominya   
•     Mengaitkan
  antara jenis-jenis bakteri dengan kebutuhan hidupnya  | 
Siswa mampu:   
•      Mengaitkan
  dampak polusi terhadap perubahan lingkungan dan  
kesehatan   
•      Memecahkan
  permasalahan penanganan limbah yang sesuai 
  dengan contoh kasus   
•     
  Merancang penanganan limbah  padat 
   | 
Siswa mampu:   
•     Menganalisis
  interaksi yang berlangsung di dalam ekosistem 
   
•     Mendeteksi
  ketidak seimbangan ekosistem darat   
•     Merancang
  tindakan perbaikan dan pelestarian pelestarian lingkungan   
•    
  Menelaah penyebab berkurangnya energi yang terjadi di
  setiap tingkat trofik pada piramida energi 
   | 
Siswa mampu  :  
•      Mendeteksi
  penyimpangan pada produk  
bioteknologi  
•     
  Membandingkan  
kelebihan produk bioteknologi dan
  bukan.  
•     
  Menelaah  
langkah dasar teknologi DNA
  rekombinan   | 
