Topik 15 - Modul 4 | Kompetensi Numerasi dalam Rapor Pendidikan

Topik 15 - Modul 4 | Kompetensi Numerasi dalam Rapor Pendidikan


Manakah dari kegiatan ini yang termasuk dalam kompetensi 'Menerapkan'?
(A) Pak Muji memberikan tugas
(B) Para murid mengukur anggota tubuhnya dengan penggaris
(C) Para murid menyampaikan hasil pengukurannya
(D) Murid-murid memahami fakta bahwa informasi ukuran lantai yang mereka punya dapat digunakan juga untuk mengukur meja

Contoh poin menalar yaitu memperluas pemahaman ke dalam situasi baru, yaitu sebagai berikut..
(A) Adi dapat memperkirakan panjang buku tuls sekitar 24 cm
(B) Murid dapat menghitung dengan tepat panjang penghapus menggunakan penggaris
(C) Murid kesulitan mengukur buku tulis
(D) Adi menggunakan penghapus sebagai penggaris dalam mengukur buku tulis

Pak Agus mengajak peserta didiknya mengukur panjang buku tulis, tapi tidak menggunakan penggaris. Terdapat penghapus, sepatu dan bola di atas meja. Berikut penjelasannya:
1. Penghapus lebih pendek dari buku, dan ukuran penghapus sudah diketahui
2. Sepatu terlihat lebih panjang dari buku, belum diketahui berapa panjang sepatunya.
3. Bola belum diketahui berapa ukuran diameternya
Adi memilih penghapus untuk mengukur panjang buku tulis tersebut. Apakah alasan Adi memilih menggunakan penghapus untuk mengukur panjang buku tulis? Jawaban di bawah ini adalah benar, kecuali.....
(A) Karena tidak diperbolehkan menggunakan penggaris
(B) Karena sulit untuk mengukur dengan menggunakan bola.
(C) Karena panjang penghapus memilii satuan terkecil diantara benda
lainnya, dan dapat mengukur panjang buku.
(D) Karena Adi mencari benda yang mudah didapat di meja saja, makanya ia mengambil penghapus.

Hal yang bukan menjadi keuntungan menerapkan metode konkret ke abstrak dalam numerasi, yaitu …
(A) Memberikan pengalaman belajar
(B) Mengembangkan cara memecahkan masalah
(C) Lebih percaya diri dengan cara berpikirnya
(D) Tidak efisien

Pada fase ini peserta didik akan mengoptimalkan inderanya untuk menerima informasi dengan media yang mereka gunakan. Hal tersebut terjadi pada fase …
(A) Gambar
(B) Konkret
(C) Abstrak
(D) Kognitif


Hari ini adalah ulang tahun salah seorang murid di kedai pizza. Anak-anak memesan sendiri pizza yang ingin mereka pesan ke kasir. Saat pizzanya datang, satu loyang pizza dibagi kepada 4 orang anak. Anak-anak berhasil memotong pizza satu loyang secara merata. Pak Guru memberikan informasi bahwa satu loyang pizza jika dibagi 4 secara merata dan diterjemahkan ke dalam simbol matematika, yaitu ¼.
Manakah dari cerita tersebut yang termasuk dalam kompetensi Mengetahui?
(A) Anak-anak memahami fakta bahwa bagian pizza yang dimakan tiap orang jika diterjemahkan ke dalam simbol matematika adalah 1/4
(B) Anak-anak menghitung harga pizza yang dibayarkan tiap orang
(C) Anak-anak berulang tahun di kedai pizza.
(D) Anak-anak mampu memesan pizza sendiri



























Belum ada Komentar untuk "Topik 15 - Modul 4 | Kompetensi Numerasi dalam Rapor Pendidikan"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel