Kegiatan Belajar 06 : Pemeriksaan Karburator


a. Tujuan Kegiatan Belajar 6

 Setelah mempelajari topik ini diharapkan siswa mampu :
  1. Memeriksa pengikatan karburator, mekanisme penggerak katup gas, keausan poros katup gas, fungsi sistem percepatan
  2. Memeriksa dan menyetel kabel gas, kabel cuk dan putaran start dingin.

b. Uraian Materi

Pada kegiatan belajar 6 ini merupakan kegiatan belajar yang banyak dilakukan di bengkel/laboratorium. Siswa harus mengikuti prosedur urutan langkah-langkah pemeriksaan karburator. 

Langkah Kerja

  • Lepas rumah saringan udara dan kontrol pengikatan karburator dengan cara menggoyangkan dengan tangan . Keraskan baut-baut pada tutup karburator, bagian katup gas, flens dan pada manifold masuk.
  • Periksa fungsi mekanisme pedal gas. Gerakan pedal tidak boleh berat, dan pedal harus kembali ke posisi idle dengan sendiri. Kontrol kondisi ujung-ujung kabel dan pegas-pegas pengembali.
  • Bila mobil dilengkapi mekanisme penggerak katup gas yang menggunakan batang-batang, lumasi pada engsel-engselnya.
  • Periksa keausan pada poros-poros katu gas. Goyangkan dengan tangan pada ujung poros. Jika kebebasan radial besar, unit katup gas harus dioverhoul atau diganti
    • Bila karburator dikeluarkan dari motor, katup buang pompa percepatan dapat dikeluarkan dengan membalik karburator
    • Lepas jet-jet utama 1 dan 2 perhatikan ! pada karburator bertingkat, ukuran jet-jet utama tidak sama besar. Jet tingkat I diameter lubang kecil, jet tingkat II diameter lubang besar
    • Lepas katup pengaya 3
    • Lepas jet idle 4
    • Lepas sekrup penyetel campuran idle
    • Lepas pipa pemancar ( nosel ) kadang-kadang nosel dapat tertukar antara tingkat I dan II Perhatikan ! waktu membongkar dan memasang !
  • Periksa keausan pada poros-poros katu gas. Goyangkan dengan tangan pada ujung poros. Jika kebebasan radial besar, unit katup gas harus dioverhoul atau diganti.
    • Bila karburator dikeluarkan dari motor, katup buang pompa percepatan dapat dikeluarkan dengan membalik karburator
    • Lepas jet-jet utama 1 dan 2 perhatikan ! pada karburator bertingkat,ukuran jet-jet utama tidak sama besar. Jet tingkat I diameter lubang kecil, jet tingkat II diameter lubang besar
    • Lepas katup pengaya 3
    • Lepas jet idle 4
    • Lepas sekrup penyetel campuran idle
    • Lepas pipa pemancar ( nosel ) kadang-kadang nosel dapat tertukar antara tingkat I dan II Perhatikan ! waktu membongkar dan memasang !
  • Periksa pompa percepatan. Lihat ke nosel penyemprot di atas venturi pada ruang pencampur tingkat 1. Buka katup gas sedikit, dalam waktu bersamaan bensin harus mulai menyemprot.
  • Pada saat pedal gas ditekan penuh, katup gas tingkat 1 harus terbuka penuh sampai pembatasnya.
  • Pada saat idle (pedal dilepas) harus ada sedikit kelonggaran pada kabel gas, supaya katup gas dapat mencapai pembatas sekrup penyetel idle dengan aman

Jika penyemprotan bensin terlambat, sistem percepatan harus diperbaiki


  • Tarik tombol cuk penuh dan kontrol apakah katup cuk menutup dengan rapat (A). 

  • Kembalikan tombol cuk dan kontrol apakah katup cuk membuka penuh (B).
  • Jika penyetelan kabel cuk tidak sesuai, stel pada klem kabel


  • Tarik tombol cuk setengah langkah, hidupkan motor dan kontrol penambahan putarannya yang disebut putaran start dingin. Bila  putaran motor tidak antara 1000-1500 rpm, stel pada sekrup penyetel yang terletak pada mekanisme katup gas.



Belum ada Komentar untuk "Kegiatan Belajar 06 : Pemeriksaan Karburator"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel