Soal Prediksi 3, Un 2019 Teori Kejuruan Teknik Kendaraan Ringan
| 1. | Posisi pemasangan ring gear adalah dibautkan pada ?
|
| A | Differential housing |
| B | Axle shaft |
| C | Differential case |
| D | Conters shaft |
| E | A, b dan c benar |
| 2. | Nama komponen gambar B di samping adalah:
 |
| A | Ring gear |
| B | Drive pinion |
| C | Differential gear |
| D | Front |
| E | Final gear |
| 3. | Nama komponen gambar A di samping adalah:
 |
| A | Ring gear |
| B | Drive pinion |
| C | Differential gear |
| D | Front |
| E | Final gear |
| 4. | Fungsi suspensi adalah seperti dibawah ini, kecuali
|
| A | Menghantarkan gerakan roda dari kendaraan ke jalan |
| B | Mengabsorsi dan meredam getaran bodi akibat kondisi jalan |
| C | Menghantarkan gerakan roda dari kendaraan ke jalan |
| D | Mengabsorsi dan meredam getaran bodi akibat kondisi jalan |
| E | supaya kendaraan yang dikendarai dapat berjalan dengan maju dan mundur sehingga kenyamanan dan keamanan terjamin |
| 5. | Keuntungan suspensi independen dibanding suspensi aksel rigid adalah sebagai berikut, kecuali
|
| A | Gerakan salah satu roda tidak mempengaruhi roda yang lain |
| B | Membutuhkan sedikit tempat |
| C | Titik berat kendaraan dapat lebih rendah, sehingga aman dan nyaman untuk kendaraan |
| D | Daya pemegasan dapat lebih lembut |
| E | Sebagai penghubung antara roda dengan chasis atau bodi kendaraan |
| 6. | Pernyataan dibawah ini penyebab kopling bergetar adalah sebagai berikut, kecuali..
|
| A | Pegas kopling lemah. |
| B | Drag lager lemah. |
| C | Kontak permukaan disc rusak |
| D | Clutch disc habis |
| E | Torsion rubber |
| 7. | Dibawah ini adalah komponen-komponen pengoperasian kopling sistem hidrolik, kecuali
|
| A | Master silinder kopling |
| B | Silinder kopling |
| C | Pipa hidrolik |
| D | Pegas pengendali pedal kopling |
| E | Pedal kopling |
| 8. | Sebutkan type gigi kemudi seperti gambar di bawah
|
| A | Bola bersirkulasi |
| B | Roll dan cacing |
| C | mur baut bersirkulasi |
| D | rak dan pinion |
| E | Nut and worm |
| 9. | Nama bagian-bagiannya Gigi kemudi type rak dan pinion a.
|
| A | 1.Baut penyetel 2 Pinion 3Rack.. 4Rack end5. Unit gigi kemudi 6. Tie rod end |
| B | 1. Baut penyetel 2 Pinion 3Rack.. 4Rack end.5 Tie rod end 6.Unit gigi kemudi |
| C | 1. Baut penyetel 2 Pinion 3Rack..4. Tie rod end 5.Rack end.6.Unit gigi kemudi |
| D | 1.Pinion 2.Rack..3.Rack end.4.Unit gigi kemudi 5.Tie rod end. 6. Baut penyetel |
| E | 1.Rack.. 2.Rack end3.Unit gigi kemudi 4. Tie rod end. 5.Baut penyetel 6.Pinion |
| 10. | Berapakah hasil pembacaan dari jangka sorong tersebut ?
 |
| A | 10,2 mm |
| B | 10,3 mm |
| C | 11 mm |
| D | 12 mm |
| E | 12,8 mm |
| 11. | Motor diesel menggunakan bahan bakar di bawah ini untuk pembangkit dayanya, :
|
| A | Avture |
| B | Solar |
| C | Bensin |
| D | Gas |
| E | LPG |
| 12. | Pembakaran pada motor diesel terjadi pada saat posisi piston :
|
| A | Awal langkah kompresi |
| B | Awal langkah isap |
| C | Akhir langkah kompresi |
| D | Akhir langkah isap |
| E | Awal langkah buang |
| 13. | Komponen untuk memasukkan bahan bakar diesel ke dalam ruang pembakaran adalah dengan :
|
| A | Injektor (Nosel) |
| B | Pompa injeksi (Injection pump) |
| C | Pompa pemberi (Feed pump) |
| D | Karburator |
| E | Katup penyalur (Delivery valve) |
| 14. | Berikut adalah fungsi dari priming pump :
|
| A | Menekan bahan bakar ke dalam ruang bakar |
| B | Mengembalikan sisa kelebihan bahan bakar ke tanki bahan bakar |
| C | Menekan udara dari pompa injeksi ke dalam ruang pembakaran |
| D | Menekan udara dari system bahan bakar agar keluar pada saat mesin mati |
| E | Menekan udara dari system bahan bakar agar keluar pada saat mesin hidup |
| 15. | Motor diesel yang dilengkapi dengan busi pijar (Glow plug) tergolong dalam :
|
| A | Motor diesel putaran tinggi |
| B | Motor diesel putaran rendah |
| C | Motor diesel injeksi langsung |
| D | Motor diesel injeksi tidak langsung |
| E | Motor diesel 4 tak |
| 16. | Terjadinya pembakaran dalam motor diesel disebabkan oleh :
|
| A | Percikan api pada busi (spark plug) |
| B | Percikan api pada busi pijar (glow plug) |
| C | Semprotan bahan bakar oleh nosel |
| D | Udara yang dihisap ke dalam silinder saat langkah hisap piston |
| E | Tekanan udara saat kompresi yang mampu membakar bahan bakar saat diinjeksikan |
| 17. | Katup penyalur (delivery valve) dalam system bahan bakar diesel difungsikan untuk :
|
| A | Mencegah turunnya tekanan bahan bakar di belakang nosel pada saat akhir injeksi |
| B | Mencegah tetesan bahan bakar pada nosel pada saat akhir injeksi |
| C | Mengatur tekanan injeksi pompa |
| D | Mengatur jumlah bahan bakar yang diinjeksikan |
| E | Menyalurkan bahan bakar dari nosel ke dalam ruang pembakaran |
| 18. | Governor sentrifugal pada pompa injeksi berfungsi untuk
|
| A | Mengatur jumlah bahan bakar yang diinjeksikan |
| B | Menaikan putaran motor |
| C | Mengendalikan putaran motor agar stabil pada setiap tingkat putaran |
| D | Menurunkan putaran motor |
| E | Mamajukan saat injeksi bahan bakar |
| 19. | Controll rack pada pompa injeksi in line bergeser untuk menggerakkan :
|
| A | Barell agar berputar |
| B | Barell agar naik atau turun |
| C | Plunger pompa agar naik atau turun |
| D | Plunger agar berputar |
| E | Rack pinion agar barell berputar |
| 20. | Pompa injeksi tipe rotary (distributor) VE menggunakan plunger :
|
| A | Single untuk melayani multi silinder |
| B | Single untuk melayani mono silinder |
| C | Multi untuk melayani multi silinder |
| D | Multi untuk melayani mono silinder |
| E | Double untuk melayani multi silinder |
| 21. | Yang berfungsi sama dengan poros nok (cam shaft) pompa injeksi in line, pada pompa rotary VE adalah:
|
| A | Poros pemutar (drive shaft) |
| B | Cincin pembocor (spill ring) |
| C | Lubang pembocor (spill port) |
| D | Plat pendorong (cam plate) |
| E | Tappet (lifter) |
| 22. | Pengatur jumlah bahan bakar yang dinjeksikan oleh pompa injeksi rotary dilakukan oleh :
|
| A | Feed pump |
| B | Feed hole |
| C | Spill ring dan spill port |
| D | Controll grove |
| E | Controll sleeve |
| 23. | Untuk mematikan aliran bahan bakar dari fuel chamber (rotary type) ke suction port, kunci kontak (switch) di off kan, dengan tujuan :
|
| A | Feed pump berhenti berputar |
| B | Drive shaft berhenti berputar |
| C | Plunger berhenti berputar |
| D | Cam plate berhenti berputar |
| E | Fuel cut off solienoid menutup saluran |
| 24. | Governor unit yang dipakai pada pompa rotary adalah :
|
| A | Tipe vacuum |
| B | Tipe kombinasi vacuum dan centrifugal |
| C | Tipe centrifugal |
| D | Tipe hidroulic |
| E | Tipe phneumatic |
| 25. | Cara kerja Automatic timer pompa injeksi rotary tipe VE berdasarkan :
|
| A | Kevacuuman intake manifold |
| B | Centrifugal weight governor |
| C | Tekanan hidroulic bahan bakar dalam fuel chamber |
| D | Phneumatic pompa |
| E | Jumlah bahan bakar dalam system |
| 26. | Bila tuas gas pada pompa rotary ditarik, maka yang berubah adalah :
|
| A | Plunger lebih maju |
| B | Plunger jadi mundur |
| C | Spill ring bergerak mundur |
| D | Spill ring tidak bergerak |
| E | Spill ring bergerak maju |
| 27. | Bila spill ring digeser maju, maka yang terjadi adalah :
|
| A | Tidak terjadi perubahan apapun pada system pemompaan |
| B | Pemompaan jumlah bahan bakar menjadi berkurang |
| C | Pemompaan jumlah bahan bakar tetap |
| D | Pemompaan jumlah bahan bakar bertambah |
| E | Pemompaan jumlah bahan bakar tidak ada |
| 28. | Bila piston automatic timer bergeser (VE type) , maka yang berubah adalah :
|
| A | Cam plate berputar lebih cepat |
| B | Cam plate berputar lebih lambat |
| C | Roller pendorong cam plate bergerak mundur |
| D | Roller pendorong cam plate bergerak maju |
| E | Panjang langkah injeksi pompa |
| 29. | Nosel yang memiliki lubang banyak pada ujungnya disebut :
|
| A | Tipe throttle |
| B | Tipe Pintle |
| C | Tipe single hole |
| D | Tipe multi hole |
| E | Tipe multi pin |
| 30. | Tekanan pengabutan nosel tipe multi hole adalah :
|
| A | Sama besar dengan tipe single hole |
| B | Sama besar dengan tipe pintle |
| C | Sama besar dengan tipe throttle |
| D | Lebih rendah dari tipe single hole |
| E | Lebih besar dari tipe single hole |
| 31. | Untuk memperbaiki mutu pengabutan menjadi lebih halus, maka dilakukan dengan jalan :
|
| A | Menambah lubang pada ujung nosel |
| B | Menaikan tekanan pengabutan |
| C | Menurun tekanan pengabutan |
| D | Mengganti jenis bahan bakarnya |
| E | Mengganti nosel |
| 32. | Dengan mengeraskan buat pengatur tekanan nosel, mengakibatkan :
|
| A | Panjang nosel menjadi berkurang |
| B | Pegas penekan jarum nosel menjadi lebih lemah |
| C | Panjang nosel menjadi bertambah |
| D | Pegas penekan jarum nosel menjadi lebih pendek |
| E | Tekanan pengabutan menjadi lebih rendah |
| 33. | Menetesnya bahan bakar di ujung nosel pada akhir injeksi disebabkan oleh :
|
| A | Bahan bakar yang tidak sesuai |
| B | Tekanan pompa injeksi terlalu tinggi |
| C | Tekanan pompa injeksi terlalu rendah |
| D | Lubang nosel tersumbat |
| E | Pegas penekan jarum nosel lemah |
| 34. | Nosel tipe single hole dipasangkan pada :
|
| A | Saluran masuk (intake manifold) |
| B | Ruang bakar utama (main combustion chamber) |
| C | Ruang bakar muka (pre combustion chamber) |
| D | Bagian belakang katup hisap |
| E | Bagian belakang katup buang |
| 35. | Bentuk pengabutan yang baik adalah :
|
| A | Mengumpul |
| B | Menyebar dan tidak merata |
| C | Kasar dan dan tidak merata |
| D | Halus dan merata |
| E | Halus dan tidak merata |
| 36. | Bahan bakar diesel menggunakan solar, karena :
|
| A | Solar bersifat lebih mudah terbakar dari pada bensin |
| B | Solar bersifat menghasilkan tenaga lebih besar |
| C | Solar harganya jauh lebih murah |
| D | Asap yang keluar dari knalpot lebih bersih |
| E | Solar bersifat melumasi bagian bagian yang dilewatinya |
| 37. | Bila udara masuk ke dalam system bahan bakar diesel, mengakibatkan :
|
| A | Penggunaan bahan bakar menjadi lebih hemat |
| B | Motor susah hidup, karena udara menghambat aliran bahan bakar |
| C | Motor mudah hidup, karena udara ikut mendorong aliran bahan bakar |
| D | Penggunaan bahan bakar tidak terpengaruh |
| E | Penggunaan bahan bakar menjadi lebih boros |
| 38. | Water sedimenter pada system bahan bakar diesel berfungsi :
|
| A | Menahan air agar tidak masuk ke dalam system bahan bakar |
| B | Menghilangkan air dalam system bahan bakar |
| C | Memberi isyarat bila dalam system bahan bakar kemasukan air |
| D | Menyaring bahan bakar agar menjadi lebih bersih |
| E | Meningkatkan kualitas bahan bakar |
| 39. | Glow plug (busi pijar) berfungsi untuk :
|
| A | Memercikkan api pembakaran |
| B | Memanaskan ruang bakar utama |
| C | Membakar bahan bakar selama proses pembakaran |
| D | Memanaskan ruang bakar bantu selama proses pembakaran |
| E | Memanaskan ruang bakar bantu selama start dan mesin masih dingin |
| 40. | Menghidupkan glow plug yang benar adalah :
|
| A | Terus menerus selama mesin hidup |
| B | Sesaat saja ( + 15 detik ) sebelum mesin distart |
| C | Selama mesin distart |
| D | Sesaat saja ( + 15 detik ) sebelum mesin dimatikan |
| E | Selama mesin mati, agar suhu kerja mesin terjaga |