Bab 1 | Proses Bisnis Bidang Otomotif | D. Jenis dan Merek Kendaraan Otomotif

D. Jenis dan Merek Kendaraan Otomotif

Jenis dan merek kendaraan sangat banyak sesuai dengan kebutuhan dan kegunaannya. Berikut adalah jenis-jenis kendaraan atau alat otomotif sesuai dengan fungsi dan kegunaannya.

1. Sepeda Motor

Sepeda motor adalah kendaraan atau alat transportasi yang menggunakan roda dua sampai roda tiga. Sepeda motor menggunakan sumber tenaga bahan bakar gasoline, tenaga listrik, atau gabungan tenaga bahan bakar dan listrik (hybrid). 

Sepeda motor sangat populer di kalangan masyarakat Indonesia. Sepeda motor dipilih karena praktis, efisien, dan dapat melewati jalur yang sempit.

Berbagai jenis atau tipe sepeda motor antara lain:
a. Sepeda Motor Sport merupakan sepeda motor yang digunakan untuk balapan, namun pada kenyataannya sepeda motor ini banyak dijumpai di jalan umum. 

b. Sepeda Motor Naked, sepeda motor yang mirip dengan jenis sepeda motor sport, namun desain lebih ramping dan posisi pengendaranya tidak terlalu membungkuk sehingga lebih nyaman digunakan pada kegiatan sehari-hari.

c. Sepeda Motor trail atau Enduro atau motor cross merupakan sepeda motor yang digunakan di segala medan dan mampu melibas jalan dan medan yang tidak rata, berbatu, berlumpur, atau jalan yang terjal.

d. Sepeda motor bebek atau Moped atau Cub, yaitu sepeda motor yang digunakan untuk kegiatan sehari hari, karena desainnya menyerupai leher bebek dengan kapasitas daya yang relatif kecil sehingga lebih hemat, efektif, dan efisien.
e. Sepeda motor skuter, yaitu sepeda motor yang awalnya menggunakan sumber tenaga bahan bakar dengan sistem motor bakar dua langkah, namun dalam perkembangannya menggunakan motor bakar empat langkah dan menggunakan listrik.
f. Sepeda motor cruiser merupakan sepeda motor dengan desain posisi tangan setir yang tinggi, sehingga pengendara lebih nyaman untuk perjalanan jauh dalam berkendara.
g. Tree wheelers merupakan sepeda motor dengan desain dan penggunaan yang khusus menggunakan tiga roda.

h. ATV (All Terrain Vehicle) merupakan kendaraan yang didesain khusus menggunakan empat roda, namun kapasitasnya lebih kecil dari mobil. Penggunaan kendaraan untuk melalui jalan yang berpasir, berbatu, atau berlumpur dengan lebih nyaman. 

Produsen sepeda motor atau perusahaan pemilik merek dagang sangat banyak dengan jenis produk yang bermacammacam dari berbagai negara. 


2. Mobil (Kendaraan Ringan)

Mobil merupakan kendaraan roda empat yang mempunyai ruangan untuk melindungi pengendara dari sinar matahari dan hujan. Jenis-jenis mobil yang populer di Indonesia antara lain: 
a. Mobil Convertible, yaitu kendaraan ringan atau mobil kecil dengan atap yang dapat dibuka, seperti pada gambar berikut:
b. Mobil Coupe, yaitu kendaraan ringan atau mobil dengan dua pintu karena kapasitas penumpangnya cuma 2 orang.
c. Mobil Hatchback, yaitu kendaraan ringan atau mobil 5 pintu dengan desain ruang bagasi menyatu dengan kabin.

d. Mobil Multi Purposes Vehicle (MPV), yaitu kendaraan ringan dengan 5 pintu yang didesain nyaman untuk keluarga, karena kapasitas penumpang yang banyak di pasaran tersedia low MPV, Medium MPV, Luxury MPV, dan High MPV. Apa kalian tahu perbedaan jenis-jenis mobil MPV ini?
e. Mobil Sport Utility Vehicle (SUV), yaitu kendaraan ringan yang mirip dengan mobil MPV, namun mobil ini didesain dari perpaduan mobil sedan dan mobil offroad. Tersedia di pasaran dengan jenis Small SUV, Small Luxury SUV, Large SUV, Luxury Large SUV, Medium SUV dan Luxury Medium SUV. Penggerak mobil dengan dua roda dan empat roda. Coba kalian cari tahu perbedaan setiap jenis mobil SUV ini.
f. Mobil sedan, yaitu kendaraan ringan yang didesain secara anggun dan elegan, menggunakan penggerak depan. 
g. Mobil Station Wagon, yaitu kendaraan ringan dengan atap yang panjang dan kargo atau bagasi yang cukup luas.

h. Mobil single atau double Cabin, yaitu kendaraan ringan jenis mobil SUV namun memiliki ruang atau bak terbuka di bagian belakang.
i. Mobil sport, yaitu kendaraan ringan atau mobil yang mirip bentuknya dengan mobil sedan namun lebih aerodinamis dan sporty dilengkapi dengan mesin besar, desain, dan pengendalian yang mewah.
j. Mobil Offroad, yaitu kendaraan mobil dengan penggerak empat roda, lantai yang tinggi dari tanah memungkinkan mobil ini digunakan di semua medan terutama jalan yang tidak rata.

k. Mobil Pick up, yaitu kendaraan yang mempunyai empat roda dengan ruang kabin dan bak terbuka. Kapasitas mobil ini kurang lebih 800 kg sampai 1,5 ton.




3 Alat Berat 

Alat berat adalah alat berukuran besar yang didesain untuk melaksanakan berbagai fungsi seperti industri konstruksi bangunan, pertambangan, perkebunan, hutan tanaman industri, dan sebagainya. Berikut ini beberapa jenis-jenis alat berat.

a. Ekskavator 

Ekskavator merupakan alat yang digunakan untuk menggali material, mengeruk material, memindahkan material ke dalam truck dan lain sebagainya.

b. Bulldozer 

Bulldozer (buldoser) adalah alat untuk mengolah lahan, baik untuk mendorong tanah ke depan maupun ke samping

c. Loader 

Alat ini bentuk dan fungsinya sama dengan bulldozer, yang berbeda alat ini memiliki ban karet yang besar.

d. Compactor 

Compactor, yaitu alat yang digunakan untuk pekerjaan pemadatan tanah atau material pada pengerjaan jalan.

e. Asphalt finisher 

Asphalt finisher digunakan untuk pengerjaan pengaspalan jalan dan alat ini dapat mencampur aspal dengan material lain serta menaburkan ke jalan menjadi rata dan padat.

f. Crane atau Mobil Crane 
Crane atau Mobil Crane adalah alat yang digunakan dalam pekerjaan konstruksi tinggi. Alat ini seperti menara tinggi. Ada juga crane mobil yang secara mudah digunakan untuk pekerjaan dengan ketinggian yang dapat berpindah-pindah dengan cepat. Alat ini dapat mengangkat material secara vertikal maupun horizontal. 

g. Forklift 
Forklift merupakan alat yang digunakan untuk memuat (loading), menurunkan muatan (unloading), atau memindahkan muatan terutama pada daerah yang sempit.

h. Bus 
Bus adalah kendaraan darat yang dirancang untuk angkutan penumpang


Jenis bus yang ada antara lain: 1) Big bus Big bus merupakan alat angkutan penumpang dengan kapasitas 50 sampai 60 penumpang atau lebih tergantung jenis dari big bus, jenis big bus antara lain: • Normal Deck: Bus lama di bawah tahun 2010 bus ini masih beroperasi, namun untuk saat ini sudah jarang ditemui. Ciri-cirinya adalah lantai pengemudi rata dengan lantai penumpang dan terdapat tonjolan pada samping pengemudi. • Bus High Deck (HD): bus dengan lantai tinggi di mana lantai bawah dari penumpang digunakan untuk bagasi, sehingga penumpang dapat membawa barang lebih banyak. Ciri-cirinya lantai pengemudi lebih rendah dari lantai penumpang. • Bus High Deck Double Glass (HDD): bus HDD mirip dengan bus HD, namun dari bagian depan terdapat dua kaca pemisah sehingga terlihat kekinian dan mewah. • Bus Super High Deck (SHD/Jetbus): bus ini sama dengan bus HDD yaitu memiliki kaca ganda dengan sekat pembatas. Perbedaannya terletak pada bagasi yang cukup luas untuk menampung barang, bahkan sepeda motor pun dapat masuk ke dalam bagasi tersebut. • Bus Double Decker (DD): bus DD yaitu bus dengan lantai ganda yang sering disebut bus tingkat yang tidak memiliki bagasi yang luas, dan bus ini tingginya kurang lebih 4.150 mm. • Bus Ultra High Deck (UHD): bus UHD memiliki bagasi sangat luas, tingginya sekitar 1,8 meter dapat menampung barang yang lebih banyak dibanding jenis bus lain. Bus ini merupakan keluaran terbaru, yaitu sekitar tahun 2018 dengan tinggi bus sekitar 4 meter.




Belum ada Komentar untuk "Bab 1 | Proses Bisnis Bidang Otomotif | D. Jenis dan Merek Kendaraan Otomotif"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel