KISI-KISI USBN Bahasa Indonesia KURIKULUM 2013 TAHUN 201819

KISI-KISI UJIAN SEKOLAH BERSTANDAR NASIONALSEKOLAH MENENGAH KEJURUAN/MADRASAH ALIYAH KEJURUAN
TAHUN PELAJARAN 2018/2019 


Mata Pelajaran       : Bahasa Indonesia
Kurikulum              : 2013
Program                  : Semua Rumpun

Level Kognitif


Lingkup Materi

Membaca Teks  Nonsastra
Membaca Sastra
Menulis Teks Nonsastra
Menulis Teks Sastra
Ciri  dan Struktur
Teks (Nonsastra dan Sastra)
Aspek Kebahasaan pada Teks
Pengetahuan dan
Pemahaman
   Mengidentifikasi
   Menemukan
   Menentukan

Peserta didik dapat
-    menentukan isi tersurat teks nonsastra
-    menentukan makna
kata/istilah pada teks
nonsastra


Peserta didik dapat
-  menentukan isi tersurat dalam teks sastra
-  menentukan makna kata/ ungkapan
pada teks sastra


Peserta didik dapat
-   melengkapi kata pada bagian teks nonsastra
-   melengkapi kata kohesi pada bagian teks
nonsastra

Peserta didik dapat
-    melengkapi kata/ungkapan pada bagian teks  sastra 
-    melengkapi kata kohesi pada bagian teks sastra 

Peserta didik dapat
-   mengidentifikasi ciri umum berbagai  teks
-   mengidentifikasi bagian struktur teks 
-   menentukan jenis teks berdasarkan   strukturnya

Peserta didik dapat
-    mengidentifikasi  kata dari teks yang dibaca (kata baku,
kata khusus,  kata umum, kata emotif, kata bersinonim
-    mengidentifikasi beragam kalimat pada teks (kalimat definisi, kalimat perincian, kalimat
bermajas)



Level Kognitif
Lingkup Materi
Membaca Teks  Nonsastra
Membaca Sastra
Menulis Teks Nonsastra
Menulis Teks Sastra
Ciri  dan Struktur
Teks (Nonsastra dan Sastra)
Aspek Kebahasaan pada Teks
Aplikasi 
   Menyimpulkan
   Mengurutkan
   Melengkapi
   Menyusun  

Peserta didik dapat
-    menentukan ide pokok 
-    menyimpulkan topik/ inti teks
-    menyimpulkan pertanyaan yang jawabannya
merupakan inti teks  
-    menyimpulkan isi tersirat dalam teks nonsastra
-    mengurutkan ringkasan sesuai
dengan isi teks
-    menyimpulkan hubungan dalam
teks 
-    menyimpulkan persamaan isi kedua teks nonsastra
-    menyimpulkan perbedaan isi kedua teks  nonsastra
-    menyimpulkan
Peserta didik dapat
-  menyimpulkan isi tersirat dalam teks sastra (makna simbol, watak, latar, sikap pengarang/ penyair, tema, sebab dan akibat konflik, pesan, amanat, nilai moral, nilai budaya, nilai
sosial)
-  menyimpulkan persamaan isi
kedua teks sastra 
-  menyimpulkan perbedaan isi kedua teks  sastra
-  mengurutkan pokok-pokok
peristiwa sesuai isi karya sastra

Peserta didik dapat
-   melengkapi kalimat pada  teks  nonsastra
-   mengurutkan  kalimat menjadi paragraf yang padu pada teks nonsastra
-   melengkapi paragraf pada
teks nonsastra
-   mengembangkan argumen berdasarkan pernyataan (tesis)
-   mengembangkan paragraf klasifikasi berdasarkan bagan/ kata kunci  
-   melengkapi  kerangka teks
-   mengembangkan kerangka isi
Peserta didik dapat
-    melengkapi majas pada bagian teks sastra 
-    melengkapi bagian teks sastra (awal, inti akhir cerita)
-    melengkapi latar
-    melengkapi dialog yang
sesuai









Peserta didik dapat
-   mengurutkan struktur teks yang diacak
-   merinci struktur teks yang dibaca
-   menyimpulkan persamaan pola penyajian struktur teks
-   menyimpulkan perbedaan pola penyajian struktur teks
-   mengklasifikasi teks dengan menunjukkan bukti/alasan

Peserta didik dapat
-    menyimpulkan adanya kesalahan penggunaan kata
-    menyimpulkan adanya kesalahan kalimat (kalimat
efektif,
penggunaan konjungsi dalam/antar kalimat definisi,
kalimat perintah)
-    menyimpulkan adanya kesalahan paragraf dalam berbagai jenis teks
-    menyimpulkan adanya kesalahan ejaan 
-    mengelompokkan kesalahan penggunaan kata/
kalimat/ejaan   
-    mengelompokkan

Level Kognitif
Lingkup Materi
Membaca Teks  Nonsastra
Membaca Sastra
Menulis Teks Nonsastra
Menulis Teks Sastra
Ciri  dan Struktur
Teks (Nonsastra dan Sastra)
Aspek Kebahasaan pada Teks

hubungan antarteks nonsastra   
- (sebab-akibat, tesisargumen, umumrincian, masalahsolusi, faktaprediksi)


sesuai judul



kesalahan penggunaan  kalimat sesuai dengan kaidah kebahasaan 
Penalaran
     Mengevaluasi
     Memprediksi
     Merefleksi 
     Menyunting  
     Mengubah
     Memvariasikan 
     Memetakan
     Membandingkan 


Peserta didik dapat
-    memetakan isi teks (mengubah teks menjadi  peta konsep yang sesuai)
-    memprediksi berdasarkan isi teks
-    mengevaluasi isi teks nonsastra 

Peserta didik dapat
-  membuktikan simpulan dengan data pada karya sastra (bukti watak, seting, nilai) 
-  mengaitkan isi dengan kehidupan
saat ini
-  menilai keunggulan/
kelemahan karya sastra
-  menilai isi karya sastra
Peserta didik dapat
-   memvariasikan judul teks
-   memvariasikan bagian teks 
-   mengubah teks nonsastra  ke bentuk  teks nonsastra lain
-   memvariasikan  judul teks
-   mengembangkan/ menulis  teks berdasarkan
kerangka isi

Peserta didik dapat
-    memvariasikan pola pengembangan
teks sastra
-    mengubah teks sastra  ke bentuk
teks sastra lain 
-    memvariasikan judul teks
-    mengembangkan/ menulis karya sastra
Peserta didik dapat
-   menilai ketepatan bagian struktur teks  dengan menunjukkan bukti/alasannya
-   menilai kelengkapan
struktur teks dengan menunjukkan
bukti/alasannya

Peserta didik dapat
-    memperbaiki kesalahan penggunaan  kalimat sesuai dengan kaidah kebahasaan 
(kalimat efektif, penggunaan konjungsi, kalimat definisi, kalimat
perintah)  
-    memperbaiki kesalahan penggunaan tanda baca
-    menilai ketepatan

Level Kognitif
Lingkup Materi
Membaca Teks  Nonsastra
Membaca Sastra
Menulis Teks Nonsastra
Menulis Teks Sastra
Ciri  dan Struktur
Teks (Nonsastra dan Sastra)
Aspek Kebahasaan pada Teks






penggunaan kata/ kalimat 
- menunjukkan alasan/bukti kesalahan
penggunaan
paragraf (definisi, klasifikasi, sebabakibat, perincian, alasan-argumen,
masalah-solusi)  

Teks yang digunakan:
laporan hasil observasi, eksposisi, negosiasi, prosedur, eksplanasi, editorial, berita, iklan, cerita sejarah/cerita ulang, debat, biografi, ceramah, proposal,  karya ilmiah, resensi, surat lamaran pekerjaan, artikel, buku ilmiah, kritik dan esai
anekdot, cerpen, novel sejarah, novel, cerita rakyat,
hikayat, puisi, drama
laporan hasil observasi, eksposisi, negosiasi, prosedur, eksplanasi, editorial, berita, iklan, cerita sejarah/cerita ulang, debat, biografi, ceramah, proposal,  karya ilmiah, resensi,
anekdot, cerpen, pantun, cerita rakyat, puisi, drama, novel, hikayat
laporan hasil observasi, eksposisi, negosiasi, prosedur, eksplanasi, editorial, berita, iklan, cerita sejarah/cerita ulang, debat, biografi, ceramah, proposal,  karya ilmiah, resensi,
laporan hasil observasi, eksposisi, negosiasi, prosedur, eksplanasi, editorial, berita, iklan, cerita sejarah/cerita ulang, debat, biografi, ceramah, proposal,  karya ilmiah, resensi, surat lamaran pekerjaan, artikel, buku ilmiah, kritik, esai, anekdot,
Level Kognitif


Lingkup Materi


Membaca Teks  Nonsastra
Membaca Sastra
Menulis Teks Nonsastra
Menulis Teks Sastra
Ciri  dan Struktur
Teks (Nonsastra dan Sastra)
Aspek Kebahasaan pada Teks



surat lamaran pekerjaan, artikel, buku ilmiah, kritik dan esai

surat lamaran pekerjaan, artikel, buku ilmiah, kritik, esai, anekdot, cerpen, novel sejarah, novel, cerita rakyat,
hikayat, puisi, drama

cerpen, novel sejarah, novel, cerita rakyat, hikayat, puisi, drama

Catatan: Kutipan Teks/Bacaan yang digunakan sebagai  konteks (stimulus) diupayakan sesuai dengan rumpun SMK



Belum ada Komentar untuk "KISI-KISI USBN Bahasa Indonesia KURIKULUM 2013 TAHUN 201819"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel