KISI KISI USBN Bahasa Inggris 2013

KISI-KISI UJIAN SEKOLAH BERSTANDAR NASIONAL SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN/MADRASAH ALIYAH KEJURUAN TAHUN PELAJARAN 2018/2019 Mata Pelajaran : Bahasa Inggris Kurikulum : 2013 Program : Semua Rumpun

Level Kognitif
Lingkup Materi

Fungsi Sosial
Struktur Teks
Unsur Kebahasaan
Pengetahuan dan
Pemahaman
  Mengidentifikasi
  Menentukan
Peserta didik dapat mengidentifikasi/menentukan aspek-aspek fungsi sosial :
˗ topik/isu/masalah
˗ tujuan/fungsi/pesan
˗ peran dan fungsi pembicara/panulis
˗ peran dan fungsi pendengar/pembaca
Peserta didik dapat mengidentifikasi/menentukan  keterkaitan makna antar bagian- bagian dalam teks :
˗ pandangan, maksud, pendapat yang menjadi ide utama utama paragraf
˗     rincian argumentasi, langkah-langkah, peristiwa, deskripsi,
˗     plot, alur pikiran
˗ konteks penggunaan (a.l tempat, waktu, situasi, dsb)
Peserta didik dapat mengidentifikasi/menentukan unsur kebahasaan yang terkait dengan isi    teks lisan dan tertulis berikut ini  :
-          persamaan kata, makna frasa
-          word order
-          article, demonstrative, possessive 
-          pronoun
-          agreement dan number
-          tenses
-          passive voice
-          Reported speech
-          referensi gramatika
-          kata sambung
-          preposisi
-          referensi makna

Aplikasi
      Mengklasifikasi
      Menerapkan
      Menggunakan
Peserta didik mampu
mengklasifikasikan/menerapkan/  menggunakan aspek-aspek fungsi sosial:
˗       topik/isu/masalah
˗       tujuan/fungsi/pesan
˗       sikap/nilai yang diusung
Peserta didik dapat
mengklasifikasikan/menerapkan/   menggunakan keterkaitan makna antar bagianbagian dalam teks:
˗     pandangan, maksud, pendapat yang 
˗     menjadi ide utama
˗     rincian argumentasi, langkah-langkah, 
Peserta didik dapat mengklasifikasikan/menerapkan/   menggunakan unsur kebahasaan yang
terkait dengan isi teks lisan dan tertulis berikut ini:
-          persamaan kata, makna frasa, 
-          makna idiom
Level Kognitif
Lingkup Materi
Fungsi Sosial
Struktur Teks
Unsur Kebahasaan

˗     peran dan fungsi pembicara/penulis
˗     peran dan fungsi pendengar/pembaca
˗     peristiwa, deskripsi,
˗     plot, alur pikiran
˗     Konteks penggunaan (a.l  tempat, 
˗     waktu, situasi, dsb)
-          word order
-          sentence order
-          article, demonstrative, possessive 
-          pronoun
-          agreement dan number
-          tenses
-          passive voice
-          referensi gramatika
-          kata sambung
-          preposisi
-          modal
-          kalimat conditional
-          konstruksi derivative
-          referensi makna
Penalaran 
      Menganalisis
      Menyimpulkan
      Memprediksi
Peserta didik dapat menganalisis/menyimpulkan/ memprediski aspek-aspek fungsi sosial:
-          topik/isu/masalah
-          tujuan/fungsi/pesan
-          latar belakang/alasan
-          akibat/dampak/manfaat
-          sikap/nilai yang diusung
-          peran dan fungsi pembicara/penulis
-          peran dan fungsi pendengar/pembaca
Peserta didik dapat menganalisis/menyimpulkan/  memprediksi keterkaitan makna antar bagianbagian dalam teks:
-          pandangan, maksud, pendapat yang 
-          menjadi ide utama
-          rincian argumentasi, langkah-langkah, 
-          peristiwa, deskripsi,
-          plot, alur pikiran
-          konteks penggunaan (a.l tempat, 
-          waktu, situasi, dsb)
Peserta didik dapat menganalisis/menyimpulkan/  memprediksi unsur kebahasaan yang terkait dengan isi teks lisan dan tertulis berikut ini:
-          persamaan kata, makna frasa, 
-          makna idiom
-          sentence order
-          tenses (verb)
-          passive voice
-          referensi gramatika
-          kata sambung
-          preposisi
-          modal
-          kalimat conditional
-          konstruksi derivative
-          kalimat, frasa, ungkapan, simpulan
-          referensi makna

Jenis-jenis teks lisan dan tulisan untuk materi Fungsi Sosial, Struktur Teks, dan Unsur Kebahasaan adalah:
  1. Teks transaksional/interpersonal lisan/tertulis. (antara lain: suggestion, offering, ordering, asking/giving opinion, past even, intention, congratulating, causeeffect, because of)
  2. Teks fungsional: letter, announcement, invitation.
  3. Teks esai: descriptive, procedure, recount, news item, narrative.

Belum ada Komentar untuk "KISI KISI USBN Bahasa Inggris 2013 "

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel