Panduan Pengisian PDSS SMK/MAK Pencatatan Status Khusus Siswa

VIII. Pencatatan Status Khusus Siswa

Siswa-siswa yang mengalami alur tidak normal selama masa studinya, perlu dicatat dengan lengkap. Alur tidak normal yang mungkin terjadi:
1. Siswa tidak naik kelas
2. Siswa pindahan dari sekolah lain (dari dalam atau luar negeri)
3. Siswa yang cuti karena alasan tertentu, seperti sakit
4. Siswa yang mengikuti pertukaran pelajar ke luar negeri sehingga masa studinya lebih panjang

Sekolah harus mencatat setiap status siswa, dan siswa akan memverifikasi data status khusus ini. Jika siswa memiliki nilai tambahan dari sekolah asalnya (untuk siswa pindahan) atau dari sekolah tempat pertukaran pelajar, maka nilai tambahan ini harus diisikan juga.

Contoh kasus penambahan status khusus dan nilai tambahan untuk seorang siswa calon lulusan tahun 2018 (dengan asumsi kurikulum, nilai dan kelas sudah dibuat terlebih dahulu) adalah sebagai berikut:
1. Tahun Ajaran 2017/18 siswa ybs mempunyai data nilai tingkat 12 lengkap (telah diproses secara normal)
2. Tahun Ajaran 2016/17 siswa ybs mempunyai data nilai tingkat 11 lengkap (telah diproses secara normal)
3. Tahun Ajaran 2015/16 siswa ybs mengikuti pertukaran pelajar tanpa memiliki nilai untuk ditambahkan
4. Tahun Ajaran 2014/15 siswa ybs mempunyai nilai di tingkat 10 akan tetapi kelasnya belum terdaftar di PDSS

8.1 Menambah Status Khusus

Berikut ini adalah langkah untuk menambah status khusus seorang siswa:
1. Untuk menambahkan status khusus, cari terlebih dahulu data siswanya pada menu Siswa dan pilih Daftar Siswa Calon Lulusan seperti tampilan berikut:

2. Isikan NISN atau Nama Siswa kemudian klik tombol Cari Siswa. Hasilnya adalah seperti tampilan berikut:
3. Kemudian klik link Nama Siswa (mis Cinta) maka akan muncul tampilan berikut (sudah mempunyai nilai di Tingkat XI dan XII pada Tahun Ajaran 2014/15 dan 2015/16):


4. Untuk melakukan penambahan status khusus, yaitu ikut pertukaran pelajar pada Tahun Ajaran 2013/14, pilih tombol Status Siswa seperti tampilan berikut:


Pada layar akan muncul tampilan berikut:

5. Pilih Tahun Ajaran (2013/14 sesuai deskripsi kasus), Semester (mis. 1), Status Siswa (Pertukaran Pelajar), Tingkat (mis. XI), lalu isi Nama kelas. Nama Sekolah dan NPSN sekolah bisa diisi atau tidak (optional). Kemudian klik tombol Lanjutkan, sehingga pada halaman daftar nilai siswa muncul tampilan berikut (setelah penambahan status siswa pada semester 1 dan 2):

8.2 Mengisikan Nilai Tambahan

Penambahan status khusus siswa dapat dilengkapi dengan nilai tambahan. Misalnya jika siswa ybs pindahan dari sekolah lain dengan membawa nilai atau ikut pertukaran pelajar dengan membawa nilai. Berikut ini adalah langkah untuk menambah nilai tambahan seorang siswa:
1. Untuk setiap nilai tambahan, perlu dicatat status khususnya. Untuk menambahkan status khusus, cari terlebih dahulu data siswanya pada menu Siswa dan Pilih Daftar Siswa Calon Lulusan seperti tampilan berikut:
2. Isikan NISN atau Nama Siswa kemudian klik tombol Cari Siswa. Hasilnya adalah seperti tampilan berikut:
3. Klik nama siswa yang ingin diberi nilai tambahan (misalnya Cinta). Pada layar akan muncul tampilan berikut (sesuai contoh sebelumnya, siswa dengan nama Cinta sudah memiliki nilai di Tkt XI dan XII pada Tahun Ajaran 2014/15 dan 2015/16, status pertukaran pelajar sudah dicatat di Tahun Ajaran 2013/14):

4. Untuk melakukan penambahan nilai siswa ybs di Tingkat X pada Tahun Ajaran 2012/13, pilih tombol Status Siswa seperti tampilan berikut:


Pada layar akan muncul tampilan berikut:

5. Pilih Tahun Ajaran (mis. 2012/13), Semester (mis. 1), Status Siswa (Mengikuti pembelajaran di sekolah ini pada kelas yang tidak tercatat di PDSS), Tingkat (mis. X), lalu isi Nama kelas. Nama Sekolah dan NPSN sekolah bisa diisi atau tidak (optional). Kemudian klik tombol Selanjutnya(lakukan hal yang sama untuk semester 2), sehingga muncul tampilan berikut:


6. Klik tombol Buat Nilai Tambahan. Pada layar akan muncul tampilan form pembuatan nilai tambahan seperti berikut:

7. Pilih kurikulum dan skala nilai yang digunakan, lalu klik tombol Selanjutnya. Pada layar akan muncul tampilan form pengisian nilai seperti berikut:


8. Isikan nilai siswa ybs pada mata pelajaran yang ada nilainya berikut KKM-nya. Jika ada perbedaan nama mata pelajaran, isi kolom Kesetaraan seperti pada tampilan di atas.

9. Klik tombol Simpan untuk menyimpan nilai tambahan (lakukan proses yang sama untuk semester 2), sehingga muncul tampilan seperti berikut:


Nilai pada Tahun Ajaran 2012/13 dengan status nilai tambahan di tingkat 10 yang tidak terdaftar di PDSS sudah berhasil diisikan (kotak merah). Nilai pada semester 2 dapat diisikan dengan cara yang sama.

8.3 Menghapus Nilai dan Status Siswa

Nilai hanya bisa dihapus apabila belum diverifikasi oleh siswa. Untuk menghapus nilai dan status siswa klik tombol Hapus Nilai dan Status Siswa. Berikut langkah untuk menghapus nilai dan status siswa:
1. Jika hanya ingin menghapus nilai saja, klik tombol Hapus Nilai pada tampilan berikut:

2. Konfirmasi yang muncul jika nilai tambahan akan dihapus seperti pada tampilan berikut (menghapus nilai saja):

atau tampilan berikut (menghapus nilai dan status khusus):

Apabila sudah yakin akan melakukan penghapusan, klik tombol Hapus. Klik tombol Batal untuk kembali ke halaman sebelumnya.

Belum ada Komentar untuk "Panduan Pengisian PDSS SMK/MAK Pencatatan Status Khusus Siswa"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel