SILABUS Simulasi Digital
Februari 15, 2019
Tambah Komentar
SILABUS MATA PELAJARAN
Satuan Pendidikan :
SMK / MAK
Mata
Pelajaran : Simulasi Digital
Kelas : X / 1
Kompetensi Inti
KI-1.
|
Menghayati dan
mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
|
KI-2.
|
Menghayati dan mengamalkan
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama,
toleran, damai), santun, responsif, dan proaktif dan menunjukkan sikap
sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri
sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
|
KI-3.
|
Memahami, menerapkan,
dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural berdasarkan
rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan
humaniora dalam wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban
terkait penyebab fenomena dan kejadian dalam bidang kerja yang spesifik untuk
memecahkan masalah.
|
KI-4.
|
Mengolah, menalar,
dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan
dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu melaksanakan
tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
1.1 Memahami nilai-nilai keimanan dengan menyadari hubungan keteraturan dan
kompleksitas alam dan jagad raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya.
1.2 Mendeskripsikan kebesaran Tuhan yang menciptakan berbagai sumber energi
di alam.
1.3 Mengamalkan nilai-nilai keimanan sesuai dengan ajaran agama dalam
kehidupan sehari-hari.
|
|
|
|
|
|
2.1.
Menunjukkan perilaku
ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun;
hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli
lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap
dalam melakukan percobaan dan berdiskusi.
2.2.
Menghargai kerja
individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi
melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan.
|
|
|
|
|
|
3.1. Menerapkan pengetahuan pengelolaan informasi digital
melalui pemanfaatan perangkat lunak pengolah informasi.
4.1. Menyajikan hasil penerapan pengelolaan informasi digital
melalui pemanfaatan perangkat lunak pengolah informasi.
|
Penerapan pengelolaan informasi digital
·
Pemanfaatan
perangkat lunak pengolah kata.
·
Pemanfaatan
perangkat lunak pengolah angka.
·
Pemanfaatan
perangkat lunak presentasi.
·
Pengolahan
informasi.
·
Teknik
presentasi.
|
Mengamati
·
Mengamati
beberapa contoh tata letak, format,
dan fungsi dokumen pengolah kata, pengolah angka, dan presentasi.
·
Mengamati
penggunaan kata kunci pada mesin pelacak.
·
Mengamati contoh
tayangan presentasi.
Menanya
·
Mendiskusikan
fitur perangkat lunak pengolah kata,
pengolah angka, dan presentasi untuk penyusunan dokumen.
·
Mendiskusikan
pemilihan kata kunci pada mesin pelacak.
·
Mendiskusikan
hasil pengamatan dan penerokaan teknik
presentasi.
Meneroka
·
Meneroka
fitur perangkat lunak pengolah kata, pengolah angka, dan presentasi untuk
penyusunan dokumen.
·
Meneroka
pemilihan kata kunci pada mesin pelacak.
Mengasosiasi
·
Membandingkan
dokumen hasil pengolahan informasi.
·
Membandingkan
teknik presentasi.
Mengomunikasikan
·
Memresentasikan
hasil pengamatan, diskusi, dan penerokaan
pengolahan informasi.
·
Memresentasikan
dokumen yang telah terformat menggunakan fitur perangkat lunak pengolah kata,
pengolah angka, dan presentasi untuk penyusunan dokumen serta penerapan
teknik presentasi.
|
Tugas
·
Menyelesaikan
masalah terkait dengan tata letak dan format dokumen menggunakan perangkat
lunak pengolah kata, pengolah angka, dan presentasi.
·
Menggunakan
mesin pelacak untuk mencari informasi.
Observasi
·
Mengamati
siswa melakukan presentasi hasil pengelolaan informasi.
Portofolio
·
Dokumen
hasil pengolahan informasi.
·
Bahan
presentasi.
Tes
Essay, pilihan ganda, dan
tanya jawab, lisan.
|
15 JP
|
Buku Siswa Simulasi Digital Jilid 1, Kemendikbud, 2013
|
3.2. Menerapkan pengetahuan pengelolaan informasi digital
melalui pemanfaatan komunikasi daring (online).
4.2. Menyajikan hasil penerapan pengelolaan informasi
digital melalui komunikasi daring (online).
|
Penerapan komunikasi daring (online)
·
Pengertian
komunikasi daring.
·
Pelaksanaan
komunikasi daring asinkron. Pelaksanaan komunikasi daring sinkron.
·
Kewargaan
digital.
|
Mengamati
·
Mengamati
pelbagai jenis komunikasi.
·
Mengamati
pelbagai jenis komunikasi dalam jaringan (daring/online).
·
Mengamati
pelaksanaan komunikasi daring (online)
sinkron dan asinkron.
Menanya
· Mendiskusikan fungsi dan jenis komunikasi dalam
jaringan
· Mendiskusikan pelaksanaan komunikasi daring asinkron:
surel (e-mail).
· Mendiskusikan pelaksanaan komunikasi daring sinkron: video chat.
· Mendiskusikan pelanggaran-pelanggaran sikap kewargaan
digital pada e-mail dan video chat.
Meneroka
·
Meneroka
sarana pendukung komunikasi daring.
·
Meneroka berbagai
layanan komunikasi daring, termasuk tata krama dan fungsinya.
Mengasosiasi
·
Membandingkan
komunikasi sinkron dan asinkron.
·
Memperbandingkan
layanan komunikasi daring asinkron: surat (e-mail) dan forum.
·
Memperbandingkan
layanan komunikasi daring sinkron: text
chat dan video chat.
Mengomunikasikan
·
Memresentasikan
hasil pengamatan, diskusi, dan
penerokaan proses pelaksanaan komunikasi daring (online).
·
Memresentasikan
hasil diskusi, penerokaan, dan perbandingan komunikasi sinkron dan asinkron.
·
Memresentasikan
hasil komunikasi daring
|
Tugas
·
Mengidentifikasi
jenis komunikasi sinkron dan asinkron dalam jaringan (daring/online).
·
Melaksanakan
komunikasi daring (online) asinkron
dan sinkron.
Observasi
·
Mengamati
siswa dalam melakukan setiap jenis komunikasi sinkron/ langsung dengan
memperhatikan etiket berkomunikasi.
·
Mengamati
kegiatan siswa melaksanakan etiket sebagai warga digital pada saat
berkomunikasi daring.
Portofolio
· Bahan presentasi hasil diskusi, penerokaan, dan
perbandingan komunikasi sinkron dan asinkron.
· Unggah dan bagi bahan presentasi hasil pengamatan,
diskusi, dan penerokaan proses
pelaksanaan komunikasi daring (online).
Tes
Essay, pilihan ganda, dan
tanya jawab, lisan.
|
12 JP
|
Buku Siswa Simulasi Digital Jilid 1, Kemendikbud, 2013
|
3.3. Menerapkan pengetahuan tentang keikutsertaan dalam pembelajaran kelas
maya.
4.3. Menyajikan hasil penerapan keikutsertaan dalam pembelajaran kelas maya.
|
Penerapan
Pembelajaran melalui kelas maya
memanfaatan kelas maya.
·
Social Learning Network sebagai platform kelas maya.
·
Pembuatan dan pengelolaan akun dan profil.
·
Pemanfaatan Catatan (Note).
·
Pemanfaatan Perpustakaan maya (Backpack).
·
Pengerjaan tugas melalui Assignment.
·
Pengerjaan latihan/ujian daring melalui Quiz.
·
Melihat nilai yang diperoleh.
·
Berperan serta dalam pemungutan suara (Poll).
·
Berbagi Parent Code.
·
Pemanfaatan Planner.
·
Pemanfaatan Notifications.
·
Pemanfaatan fitur pencarian (Search
dan Filter).
·
Melihat lencana (Badge).
·
Pemanfaatan Apps Launcher.
·
Penulisan rumus,
simbol, dan persamaan matematika.
|
Mengamati
·
Mengamati pelbagai perangkat
lunak kelas maya.
·
Mengamati proses
pembelajaran melalui kelas maya.
Menanya
·
Mendiskusikan jenis- jenis perangkat lunak pendukung kelas maya.
·
Mendiskusikan fitur-fitur yang digunakan dalam kelas maya.
·
Mendiskusikan implementasi konsep digital
citizenship dalam kelas maya.
·
Mendiskusikan kendala-kendala implementasi kelas maya terkait dengan
infrastruktur dan perangkat yang digunakan.
Meneroka
·
Meneroka berbagai
layanan kelas maya.
·
Meneroka fitur kelas maya.
·
Meneroka materi belajar digital dalam perpustakaan maya (backpack) dan melalui note.
·
Meneroka materi belajar menggunakan search dan filter.
·
Meneroka materi belajar dalam Apps Launcher.
Mengasosiasi
·
Membandingkan
keikutsertaan dalam kelas konvensional dan kelas maya.
·
Membandingkan LMS dan
SLN.
·
Membandingkan SN dengan
SLN.
·
Membandingkan fitur
pelbagai SLN.
·
Mengasosiasi
implementasi Planner terhadap
kegiatan penyampaian dan distribusi materi belajar, diskusi, dan evaluasi
dalam kelas maya.
Mengomunikasikan
·
Menyampaikan hasil
pengamatan dan diskusi tentang:
1. pemanfaatan kelas maya,
2. penggunaan pelbagai perangkat
lunak pendukung kelas maya
·
Memresentasikan hasil
teroka materi belajar dan mengaitkannya dengan tugas yang diberikan guru.
·
Memresentasikan hasil
teroka terhadap solusi-solusi untuk mengatasi kendala-kendala dalam kelas
maya.
·
Memresentasikan hasil
asosiasi
implementasi Planner
terhadap kegiatan penyampaian dan distribusi materi belajar, diskusi, dan
evaluasi dalam kelas maya.
·
Memresentasikan hasil
keikutsertaan dalam kelas maya.
|
Tugas
·
Meneroka manfaat kelas
maya
·
Meneroka pelbagai perangkat
lunak kelas maya
·
Ikut serta dalam
seluruh kegiatan kelas maya sekaligus menerapkan digital citizenship.
·
Mempresentasikan
keikutsertaan dalam seluruh kegiatan kelas maya dan hasil eksplorasi materi
belajar yang diperoleh.
Observasi
·
Mengamati
kegiatan/aktivitas siswa secara individu dan kelompok saat mengomunikasikan
pemanfaatan kelas maya dan perangkat lunak pendukung kelas maya.
·
Mengamati
kegiatan/aktivitas siswa secara individu dan dalam diskusi, dengan
checklist lembar pengamatan atau dalam
bentuk lain, sekaligus membandingkannya dengan pembelajaran tatap muka.
Portofolio
· Hasil kerja mandiri/kelompok.
· Bahan Presentasi.
· Hasil presentasi keikutsertaan dalam seluruh kegiatan kelas maya dan
hasil eksplorasi materi belajar yang diperoleh.
Tes
Tes tertulis tentang penguasaan definisi, fungsi dan tujuan, dan tools kelas maya.
Tes keterampilan diukur dengan keaktifan mengikuti kelas maya.
Tes
Essay, pilihan ganda, dan
tanya jawab, lisan.
|
21 JP
|
Buku siswa Simulasi Digital, Kemdikbud, 2013
https://support.edmodo.com/home#student
|
3.4 Menerapkan pengetahuan Perancangan Visualisasi Konsep.
4.4 Menyajikan hasil penerapan Perancangan Visualisasi Konsep.
|
Perancangan Visualisasi Konsep
· Identifikasi dan perumuskan masalah untuk mendapatkan ide sebagai solusi.
· Pemilihan solusi dan penalaran ide menjadi gagasan.
· Pengembangan gagasan menjadi konsep produk/konsep layanan.
· Perencanaan visualisasi konsep.
· Penyusunan sinopsis, naskah, dan storyboard.
|
Mengamati
·
Mengamati
masalah-masalah dalam keseharian sebagai rangsangan menemukan ide.
·
Mengamati contoh naskah
dan storyboard.
Menanya
·
Mempertanyakan
pengembangan ide menjadi gagasan.
·
Mendiskusikan konsep
produk/ konsep layanan.
·
Mendiskusikan naskah
sesuai kebutuhan.
·
Mendiskusikan storyboard sesuai naskah.
Meneroka
· Meneroka alternatif bentuk visualisasi konsep.
Mengasosiasi
·
Membandingkan ide dan
konsep produk.
·
Membandingkan sinopsis
dan naskah.
Mengomunikasikan
Memresentasikan konsep produk/konsep layanan dan hasil rancangan
visualisasi konsep.
|
Tugas
·
Menuliskan konsep
produk/konsep layanan.
·
Menyusun sinopsis dan
naskah.
·
Membuat storyboard.
·
Mengunggah rangkaian
proses perencanaan visualisasi konsep pada kelas maya.
Portofolio
· Konsep produk/konsep layanan, sinopsis, naskah, dan storyboard.
Tes
Essay, pilihan ganda, dan tanya
jawab, lisan.
|
12 JP
|
Buku Siswa Simulasi Digital Jilid 1, Kemendikbud, Jakarta, 2013
|
3.5 Menerapkan pengetahuan tentang visualisasi konsep dalam bentuk presentasi
video.
4.5 Menyajikan hasil penerapan visualisasi konsep dalam bentuk presentasi
video.
|
Presentasi Video
·
Jenis-jenis video.
·
Ciri dan fungsi
presentasi video.
·
Tahapan produksi video.
·
Produksi video
menggunakan kamera.
·
Produksi video
menggunakan aplikasi screen recording.
·
Editing dan finalisasi video.
|
Mengamati
·
Mengamati pelbagai
jenis video.
·
Mengamati pelbagai
jenis presentasi video berdasarkan tujuan pembuatannya.
·
Mengamati pelbagai ciri
presentasi video.
Menanya
·
Mendiskusikan efektivitas
bahasa gambar.
Meneroka
· Meneroka jenis presentasi video.
· Meneroka presentasi video yang efektif.
· Meneroka tips and tricks membuat video.
Mengasosiasi
·
Membandingkan
presentasi video dengan video documenter.
·
Membandingkan
presentasi video dengan video pembelajaran.
Mengomunikasikan
Memresentasikan hasil presentasi video sesuai dengan Perancangan
Visualisasi Konsep.
|
Tugas
·
Menuliskan hasil
diskusi efektivitas bahasa gambar.
·
Menghimpun berbagai
jenis presentasi video yang efektif.
·
Mengunggah presentasi
video terpilih pada kelas maya.
·
Menggugah rangkaian
proses pembuatan video presentasi pada tahap produksi dan pascaproduksi
beserta hasilnya pada kelas maya.
Observasi
·
Mengamati
kegiatan/aktivitas siswa secara individu dan dalam diskusi dengan checklist
lembar pengamatan atau dalam bentuk lain.
Portofolio
· Presentasi video
Tes
Essay, pilihan ganda, dan
tanya jawab, lisan.
|
18 JP
|
Buku Siswa Simulasi Digital Jilid 2, Kemendikbud, Jakarta, 2013
|
3.6. Menerapkan pengetahuan tentang visualisasi konsep dalam bentuk simulasi
visual.
4.6. Menyajikan hasil penerapan visualisasi konsep dalam bentuk simulasi
visual.
|
Simulasi Visual
·
Fungsi simulasi visual.
·
Pemanfaatan
fitur perangkat lunak pengolah 3D.
·
Pemodelan.
·
Pewarnaan (Material).
·
Penulangan
(Rigging).
·
Kamera setting.
·
Menganimasikan
objek.
·
Animasi
kamera.
·
Rendering.
|
Mengamati
·
Mengamati pelbagai
visualisasi animasi 2D dan 3D.
·
Mengamati pelbagai
hasil modelling.
Menanya
·
Mendiskusikan
gerakan animasi objek berdasarkan storyboard.
·
Mendiskusikan
penulangan yang tepat, sesuai dengan
gerakan.
Meneroka
·
Meneroka
pelbagai cara membuat animasi.
Mengasosiasi
·
Membandingkan modelling low poly dengan modelling
yang diberikan efek subdivision surface.
·
Membandingkan warna
material dengan material texture.
Mengomunikasikan
·
Memresentasikan hasil
karya animasi.
|
Tugas
·
Melakukan pemodelan
objek sesuai dengan naskah
·
Melakukan pemodelan
objek menggunakan bevel dan subdivision
surface
·
Menganimasikan objek
Portofolio
· Hasil pemodelan objek.
· Hasil karya animasi.
Tes
Essay, pilihan ganda, dan
tanya jawab, lisan.
|
27 JP
|
Buku Siswa Simulasi Digital Jilid 2, Kemendikbud, Jakarta, 2014
|
3.7 Menerapkan pengetahuan pemformatan dokumen/buku digital.
4.7 Menyajikan hasil penerapan pemformatan dokumen/buku
digital.
|
Dokumen/Buku Digital
·
Jenis buku
digital.
·
Fungsi dan
tujuan buku digital.
Format dokumen/buku digital
· Pengubahan format file.
·
Penambahan sampul
(cover) buku digital.
·
Pemformatan
Daftar Isi.
·
Penyisipan gambar,
suara, dan video.
· Pengubahan format dan penyisipan gambar, suara, dan
video.
Publikasi Buku Digital
· Jenis publikasi buku digital.
· Proses publikasi buku digital.
|
Mengamati
·
Mengamati pelbagai
jenis dan bentuk buku digital.
·
Mengamati pelbagai format
buku digital.
Menanya
·
Mendiskusikan
konversi format file.
·
Mendiskusikan
pelbagai alat dan perangkat lunak pembaca buku digital.
Meneroka
·
Meneroka
gambar, suara, dan video.
·
Meneroka pelbagai layanan penerbitan buku digital.
Mengasosiasi
·
Membandingkan perangkat
lunak pengubah format file.
·
Membandingkan perangkat
lunak pembaca buku digital.
Mengomunikasikan
·
Memresentasikan dokumen/buku
digital.
|
Tugas
·
Menyiapkan file pendukung
buku digital.
Observasi
Mengamati kegiatan/aktivitas siswa secara individu dan dalam diskusi
dengan checklist lembar pengamatan atau dalam bentuk lain.
Portofolio
· Dokumen/buku digital.
Tes
Essay, pilihan ganda, dan
tanya jawab, lisan.
|
9 JP
|
Buku Siswa Simulasi Digital Jilid 2, Kemendikbud, Jakarta, 2013
|
Belum ada Komentar untuk "SILABUS Simulasi Digital"
Posting Komentar