SILABUS Kesehatan Biota Air
Februari 15, 2019
Tambah Komentar
SILABUS MATA PELAJARAN
Satuan Pendidikan
|
:
|
SMK
|
||
Mata Pelajaran
|
:
|
Kesehatan Biota Air
|
||
Kelas/Semester
|
:
|
X/
|
||
|
|
|
||
Kompetensi Inti
|
:
|
|
||
KI 1
|
:
|
Menghayati dan mengamalkan
ajaran agama yang dianutnya
|
||
KI 2
|
:
|
Menghayati dan Mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab,
peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan
pro-aktif dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai
permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan
alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan
dunia
|
||
KI 3
|
:
|
Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, dan
prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban
terkait penyebab fenomena dan kejadian dalam bidang kerja yang spesifik untuk
memecahkan masalah.
|
||
KI 4
|
:
|
Mengolah, menalar, dan menyaji
dalam ranah konkret dan ranah abstrak
terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri, dan mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung
|
||
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi
waktu
|
Sumber Belajar
|
1.1
Menghayati hubungan antara makhluk hidup dan lingkungannya sebagai
bentuk kompleksitas alam dan jagad raya terhadap
kebesaran Tuhan yang menciptakannya
|
|
|
|
|
|
2.1 Menghayati sikap cermat, teliti
dan tanggungjawab sebagai hasil
implementasi dari pembelajaran
kesehatan biota air
2.2 Menghayati pentingnya kepedulian terhadap kebersihan lingkungan
laboratorium/lahan praktek sebagai
hasil implementasi dari pembelajaran kesehatan biota air.
2.3 Menghayati pentingnya bersikap
jujur, disiplin serta bertanggung jawab sebagai hasil dari
implementasi pembelajaran kesehatan biota air
|
|
|
|
|
|
3.1
Menganalisis hubungan antara lingkungan, komoditas dan penyakit pada
biota perairan.
4.1
Mengolah, menalar dan menyaji hubungan antara lingkungan, komoditas
dan penyakit pada biota perairan
|
·
Peran dan fungsi lingkungan (biotik dan abiotik) dalam budidaya
·
Hubungan antara lingkungan, biota air, dan penyakit dalam bududaya
perairan
·
Konsep keseimbangan lingkungan, biota air dan penyakit dalam budidaya
perairan
|
Mengamati
·
Melihat makhluk hidup dan benda mati di dalam kolam
·
Mengamati kondisi lingkungan budidaya
·
Mengidentifikasi faktor penyebab penyakit (biotik dan abiotik)
·
Membaca informasi tentang hubungan antara lingkungan, biota air dan
penyakit dalam budidaya perairan
Menanya
·
Diskusi kelompok tentang hubungan antara lingkungan, biota air dan
penyakit dalam budidaya perairan
Mengeksplorasi/ Eksperimen
·
Eksplorasi lingkungan biotik dan abiotik
·
Melakukan praktik pengukuran lingkungan biotik dan abiotik (media hidup)
Mengasosiasi
·
Menganalisis data hasil eksperimen, data pengamatan dan diskusi
·
Membuat kesimpulan hasil eksperimen, data pengamatan dan diskusi
Mengkomunikasikan
·
Wakil masing – masing kelompok mempresentasikan hasil dari identifikasi
lingkungan biotik dan abiotik
|
Tugas
·
Menuliskan jenis – jenis faktor biotik dan abiotik
·
Menggambarkan jenis – jenis faktor biotik dan abiotik
·
Mengklasifikasikan lingkungan abiotik dan abiotik
Observasi
·
Cek list pengamatan pada saat praktik berkelompok
·
Ceklist lembar
pengamatan kegiatan presentasi kelompok
·
Ceklist lembar pengamatan performansi
Portofolio
·
Laporan tertulis hasil pengamatan dan praktik
Tes
Melakukan tes lisan atau tertulis dalam bentuk pilihan ganda/isian
/uraian singkat/B-S/ menjodohkan
|
24 JP
|
Kebijakan DKP: Perikanan Budidaya, Pedoman Teknis Penanggulangan Penyakit Ikan
Budidaya Laut. Departemen Kelautan dan Perikanan Republik
Indonesia, 2003
Kurniastuty, dkk.,. Hama dan
Penyakit Ikan. Balai budidaya Laut Lampung. Lampung, 2004
Teknologi Tepat Guna, Pedoman Teknis Penanggulangan Penyakit Ikan Budidaya Laut.
Menteri Negara Riset dan Teknologi, 2005.
Effendi, I. Pengantar Akuakultur. Penebar
Swadaya. Jakarta. 2004
Direktorat Jenderal Perikanan,. Petunjuk Teknis Budidaya. Ditjen Perikanan. Jakarta. 1982
Boyd, C. E And F. Lichtkoppler. Water Quality Management in Pond Fish Culture. Auburn University. Auburn. 1982
Beveridge, M. Cage Aquaqulture. Fishing News
Books Ltd, Farmhan Survey. England. 1987
dan referensi lain yang terkait dengan hama dan
penyakit ikan
|
3.2
Menganalisis hama dan penyakit pada kegiatan budidaya perairan
4.2
Mengidentifikasikan hama dan penyakit pada kegiatan budidaya perairan
|
Hama :
·
Jenis-jenis hama (pesaing,
perusak, pemangsa)
·
Penyebab serangan hama
Penyakit :
·
Jenis - jenis penyakit non
infeksi (nutrisi, lingkungan dan genetik)
·
Gejala serangan penyakit non infeksi
·
Jenis - jenis penyakit infeksi
(parasit, bakteri, jamur dan virus)
·
Gejala serangan penyakit infeksi
Identifikasi penyakit :
·
Tingkah laku biota air yang dibudidayakan
·
Teknik pengambilan sampel
·
Teknik penyimpanan dan pengawetan sampel
·
Metode pemeriksaan penyakit
·
Prosedur pemeriksaan penyakit
·
Intensitas dan frekuensi kejadian serangan penyakit
|
Mengamati
·
Melihat jenis – jenis hama (pesaing, perusak dan pemangsa)
·
Mencari informasi tentang tingkah laku biota air yang dibudidayakan
Menanya
·
Diskusi kelompok jenis
hama dan penyakit yang menyerang, konsep penyerangan hama dan penyakit pada
biota air yang dibudidayakan
Mengeksplorasi/ Eksperimen
·
Melakukan identifikasi hama dan penyakit
Mengasosiasi
·
Menganalisis data hasil eksperimen, data pengamatan dan diskusi
·
Membuat kesimpulan hasil eksperimen, data pengamatan dan diskusi
Mengkomunikasikan
·
Wakil masing – masing kelompok mempresentasikan hasil kegiatan
|
Tugas
·
Melakukan identifikasi jenis hama yang menyerang
·
Melakukan identifikasi jenis penyakit yang menyerang
Observasi
·
Cek list pengamatan pada saat praktik berkelompok
·
Ceklist lembar
pengamatan kegiatan presentasi kelompok
·
Ceklist lembar pengamatan performansi
Portofolio
·
Laporan tertulis hasil pengamatan dan praktik
Tes
·
Melakukan tes lisan
atau tertulis dalam bentuk pilihan ganda/isian /uraian singkat/B-S/
menjodohkan
|
36 JP
|
Kebijakan DKP: Perikanan Budidaya, Pedoman Teknis Penanggulangan Penyakit Ikan
Budidaya Laut. Departemen Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia,
2003
Kurniastuty, dkk.,. Hama dan
Penyakit Ikan. Balai budidaya Laut Lampung. Lampung, 2004
Teknologi Tepat Guna, Pedoman Teknis Penanggulangan Penyakit Ikan Budidaya Laut.
Menteri Negara Riset dan Teknologi, 2005.
Effendi, I. Pengantar Akuakultur. Penebar
Swadaya. Jakarta. 2004
Direktorat Jenderal Perikanan,. Petunjuk Teknis Budidaya. Ditjen
Perikanan. Jakarta. 1982
Boyd, C. E And F. Lichtkoppler. Water Quality Management in Pond Fish Culture. Auburn University. Auburn. 1982
Beveridge, M. Cage Aquaqulture. Fishing News
Books Ltd, Farmhan Survey. England. 1987
Dan referensi lain yang terkait dengan hama dan
penyakit ikan
|
SILABUS MATA PELAJARAN
Satuan Pendidikan
|
:
|
SMK
|
||
Mata Pelajaran
|
:
|
Kesehatan Biota Air
|
||
Kelas/Semester
|
:
|
X/2
|
||
|
|
|
||
Kompetensi Inti
|
:
|
|
||
KI 1
|
:
|
Menghayati dan mengamalkan
ajaran agama yang dianutnya
|
||
KI 2
|
:
|
Menghayati dan Mengamalkan perilaku jujur,
disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai),
santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukan sikap sebagai bagian dari
solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan
bangsa dalam pergaulan dunia
|
||
KI 3
|
:
|
Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan
humaniora dalam wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan
kejadian dalam bidang kerja yang spesifik untuk memecahkan masalah.
|
||
KI 4
|
:
|
Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu melaksanakan tugas
spesifik di bawah pengawasan langsung
|
||
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi
waktu
|
Sumber Belajar
|
1.1 Mengamalkan pengetahuan dan keterampilan pada pembelajaran Kesehatan
Biota Air sebagai amanat untuk kemaslahatan umat manusia.
|
|
|
|
|
|
2.1
Menghayati sikap cermat, teliti
dan tanggungjawab sebagai hasil
implementasi dari pembelajaran
Kesehatan Biota Air
2.2
Menghayati pentingnya kepedulian terhadap kebersihan lingkungan
laboratorium/lahan praktek sebagai
hasil implementasi dari pembelajaran kesehatan biota air
2.3
Menjalankan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif;
jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka;
kritis; kreatif; inovatif dan peduli
lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap
dalam melakukan percobaan dan berdiskusi dalam mata pelajaran kesehatan biota
air
|
|
|
|
|
|
3.1 Menerapkan pengobatan biota air yang terserang penyakit
4.1
Melakukan tindakan pengobatan
biota air yang terserang penyakit
|
Jenis – jenis obat
·
Obat sintetis/kimiawi
·
Obat herbal/alami
Dosis pengobatan
·
Perhitungan dosis obat bentuk cair
·
Perhitungan dosis obat bentuk bubuk
Prinsip-prinsip pengobatan
Metode pengobatan
·
Metode oral
·
Metode suntikan
·
Metode perendaman
Analisa hasil pengobatan
·
Perilaku ikan sebelum pengobatan
·
Perilaku ikan setelah pengobatan
·
Efektivitas dan efisiensi pengobatan
|
Mengamati
·
Mencari informasi tentang fungsi, peran dan efek dari obat
·
Pengobatan ikan sakit menggunakan metode perendaman, oral dan penyuntikan
Menanya
·
Jenis, dosis dan jumlah obat yang digunakan
·
Prinsip-prinsip
pengobatan
·
Metode pengobatan
·
Prosedur pengobatan
Mengeksplorasi/
Eksperimen
·
Pengobatan ikan sakit menggunakan metode perendaman, oral dan penyuntikan
Mengasosiasi
·
Hubungan antara jenis, dosis dan metode pengobatan dengan Kesehatan Biota
Air
Mengkomunikasikan
·
Hasil pengobatan
|
Tugas
·
Mengamati jenis – jenis obat dan penggolongannya
Observasi
·
Tingkah laku biota air sebelum dan setelah pengobatan
·
Metode pengobatan
Portofolio
·
Laporan tertulis hasil pengobatan ikan
·
Bahan presentasi pengobatan ikan
Tes
Melakukan tes lisan atau tertulis dalam bentuk pilihan ganda/isian
/uraian singkat/B-S/ menjodohkan
|
30 JP
|
Kebijakan DKP: Perikanan Budidaya, Pedoman Teknis Penanggulangan Penyakit Ikan
Budidaya Laut. Departemen Kelautan dan Perikanan Republik
Indonesia, 2003
Kurniastuty, dkk.,. Hama dan
Penyakit Ikan. Balai budidaya Laut Lampung. Lampung, 2004
Teknologi Tepat Guna, Pedoman Teknis Penanggulangan Penyakit Ikan Budidaya Laut.
Menteri Negara Riset dan Teknologi, 2005.
Effendi, I. Pengantar Akuakultur. Penebar
Swadaya. Jakarta. 2004
Direktorat Jenderal Perikanan,. Petunjuk Teknis Budidaya. Ditjen
Perikanan. Jakarta. 1982
Boyd, C. E And F. Lichtkoppler. Water Quality Management in Pond Fish Culture. Auburn University. Auburn. 1982
Beveridge, M. Cage Aquaqulture. Fishing News
Books Ltd, Farmhan Survey. England. 1987
Dan referensi lain yang terkait dengan hama dan
penyakit ikan
|
3.2
Menerapkan tindakan preventif terhadap serangan hama dan penyakit
4.2
Melakukan tindakan preventif terhadap serangan hama dan penyakit
|
·
Prinsip tindakan pencegahan hama dan penyakit
·
Metode pencegahan serangan hama dan penyakit infeksi dan non infeksi
·
Deteksi penyakit dengan bantuan alat mekanik/kimia/ bioteknologi
·
Tindakan pencegahan hama pada kolam budidaya
|
Mengamati
·
Mencari informasi tentang tindakan
pencegahan hama dan penyakit ikan
·
Mencari informasi tentang metode pencegahan serangan hama dan penyakit
infeksi dan non infeksi
Menanya
·
Metode pencegahan terhadap serangan hama dan penyakit biota air
Mengeksplorasi/Eksperimen
·
Pencegahan penyakit menggunakan metode resirkulasi
Mengasosiasi
·
Dampak resirkulasi terhadap kualitas air dan pencegahan penyakit
·
Dampak pemilihan metode pemberian pakan terhadap kondisi kualitas air
media dan pencegahan penyakit
Mengkomunikasikan
·
Hasil perbaikan kondisi lingkungan budidaya terhadap keberhasilan
pencegahan serangan hama dan penyakit
·
Hasil pendataan kegiatan budidaya
·
Mengkomunikasikan hasil
|
Tugas
·
Mengamati metode pencegahan penyakit
Observasi
·
Kualitas air media
·
Manajemen pemberian pakan
·
Manajemen proses budidaya
Portofolio
·
Laporan tertulis hasil pencegahan penyakit
·
Bahan presentasi pencegahan penyakit
Tes
Melakukan tes lisan atau tertulis dalam bentuk pilihan ganda/isian
/uraian singkat/B-S/ menjodohkan
|
30 JP
|
Kebijakan DKP: Perikanan Budidaya, Pedoman Teknis Penanggulangan Penyakit Ikan
Budidaya Laut. Departemen Kelautan dan Perikanan Republik
Indonesia, 2003
Kurniastuty, dkk.,. Hama dan
Penyakit Ikan. Balai budidaya Laut Lampung. Lampung, 2004
Teknologi Tepat Guna, Pedoman Teknis Penanggulangan Penyakit Ikan Budidaya Laut.
Menteri Negara Riset dan Teknologi, 2005.
Effendi, I. Pengantar Akuakultur. Penebar
Swadaya. Jakarta. 2004
Direktorat Jenderal Perikanan,. Petunjuk Teknis Budidaya. Ditjen
Perikanan. Jakarta. 1982
Boyd, C. E And F. Lichtkoppler. Water Quality Management in Pond Fish Culture. Auburn University. Auburn. 1982
Beveridge, M. Cage Aquaqulture. Fishing News
Books Ltd, Farmhan Survey. England. 1987
|
Belum ada Komentar untuk "SILABUS Kesehatan Biota Air"
Posting Komentar