SILABUS Dasar-Dasar Budidaya Perairan
Februari 15, 2019
Tambah Komentar
SILABUS MATAPELAJARAN
Satuan Pendidikan
|
:
|
SMK
|
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Dasar-Dasar Budidaya Perairan
|
|
Kelas/Semester
|
:
|
X/2
|
|
Kompetensi Inti
|
:
|
||
KI 1
|
:
|
Menghayati dan mengamalkan
ajaran agama yang dianutnya
|
|
KI 2
|
:
|
Menghayati dan Mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab,
peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan
pro-aktif dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan
dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta
dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
|
|
KI 3
|
:
|
Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, dan
prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban
terkait penyebab fenomena dan kejadian dalam bidang kerja yang spesifik untuk
memecahkan masalah.
|
|
KI 4
|
:
|
Mengolah, menalar, dan menyaji
dalam ranah konkret dan ranah abstrak
terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri, dan mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
1.1 Mengamalkan pengetahuan dan keterampilan pada pembelajaran dasar - dasar
budidaya perairan sebagai amanat untuk kemaslahatan umat manusia.
|
|||||
2.1 Menjalankan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; teliti;
tekun bertanggung jawab; dan peduli lingkungan) dalam aktivitas
sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan percobaan dan
berdiskusi dalam mata pelajaran dasar - dasar budidaya perairan
|
|||||
3.1 Menganalisis siklus hidup dan sistem reproduksi biota air (ikan,
kekerangan, krustasea dan rumput laut)
4.1 Mengidentifikasikan siklus hidup dan sistem reproduksi biota air (ikan,
kekerangan, krustasea dan rumput laut)
|
1.1. Siklus hidup biota air (ikan, kekerangan, krustasea dan rumput laut)
1.2. Sistem reproduksi biota air (ikan, kekerangan, krustasea dan rumput laut)
|
Mengamati/Membaca
·
Mencari informasi
Siklus hidup biota air
·
Mencari informasi
perkembangan sistem reproduksi biota air
·
Mengamati sistem
reproduksi macam macam biota air
Menanya
·
Diskusi dengan topik
siklus hidup sistem reproduksi biota air
Mengeksplorasi/ Eksperimen
·
Melakukan percobaan untuk membuktikan siklus
hidup biota air
·
Melakukan percobaan
sistem reproduksi biota air
Mengasosiasi
·
Menganalisis hubungan
sistem reproduksi dengan perkembangbiakan biota air
Mengkomunikasikan
·
Menunjukkan organ
sistem reproduksi serta fungsinya
·
Mempresentasikan
laporan praktikum
|
Tugas
·
Memberikan tugas
diskusi dan praktek
Observasi
·
Melakukan pengamatan menggunakan
lembar pengamatan hasil diskusi dan praktik tentang siklus hidup dan
reproduksi biota air
Portofolio
·
Mengumpulkan hasil
diskusi dan praktik tentang fisiologis
biota air
Tes
Melakukan tes lisan atau tertulis dalam bentuk pilihan ganda/isian
/uraian singkat/B-S/ menjodohkan
|
30 JP
|
Referensi yang relevan dengan
materi
|
3.2 Menerapkan prinsip – prinsip ekologi pada budidaya perairan
3.3 Mengolah, menalar, dan menyaji
prinsip – prinsip ekologi pada budidaya perairan
|
1 Pengertian ekologi
2 Prinsip-prinsip ekosistem perairan
3 Aliran energi, jaring makanan dan rantai makanan
4 Zonasi perairan berdasarkan salinitas
5 Zonasi perairan berdasarkan perolehan cahaya matahari
|
Mengamati/Membaca
·
Mencari informasi
tentang ekosistem perairan
·
Mencari informasi
tentang aliran energi, jaring makanan dan rantai makanan
·
Mencari informasi
tentang zonasi perairan berdasarkan perolehan cahaya matahari
Menanya
·
Diskusi Peran ekosistem
dalam budidaya ikan
Mengeksplorasi/ Eksperimen
·
Menganalisis rantai
makanan di perairan
·
Melakukan percobaan
ekosistem perairan pada akuarium
Mengasosiasi
·
Menganalisis hubungan
rantai makanan dan jaringan makanan dengan sistem budidaya
Mengkomunikasikan
·
Membuat kesimpulan hasil pengamatan ekosistem
perairan
·
Mempresentasikan
laporan praktikum
|
Tugas
·
Memberikan tugas
diskusi dan praktek
Observasi
·
Melakukan pengamatan
menggunakan lembar pengamatan hasil diskusi dan praktik tentang ekosistem
pada budidaya perairan
Portofolio
·
Mengumpulkan
Data-data tentang ekosistem pada budidaya
perairan
Tes
·
Melakukan tes lisan
atau tertulis dalam bentuk pilihan ganda/isian /uraian singkat/B-S/
menjodohkan
|
30 JP
|
Referensi yang relevan dengan
materi
|
Belum ada Komentar untuk "SILABUS Dasar-Dasar Budidaya Perairan"
Posting Komentar