Topik 05 - Modul 2 | Mencapai Tujuan Pembelajaran


Topik 5 - Modul 2 | Mencapai Tujuan Pembelajaran


1. Salah satu contoh bentuk asesmen yang dirancang dengan adil dan proporsional adalah...
A. Projek yang melibatkan minat peserta didik
B. Adanya projek pameran dalam waktu yang singkat
C. Adanya soal latihan, misalnya soal tes sama
D. 200 soal tes pilihan ganda untuk kelas 5 SD

2. Hasil asesmen awal dapat digunakan untuk rujukan strategi mencapai tujuan pembelajaran. Hal ini karena...
A. Digunakan sebagai nilai rapor
B. Dapat digunakan sebagai dasar merancang alur tujuan pembelajaran serta proses diferensiasi
C. Digunakan untuk diskusi dengan orang tua
D. Bisa digunakan sumatif

3. Bu Nia sedang mendapati adanya peserta didik yang mengalami kesulitan ketika mencapai tujuan pembelajaran, karena mempunyai hambatan dalam memahami konsep yang lebih abstrak.
Maka yang dapat dilakukan bu Nia ialah ...
A. Memberikan hukuman pada peserta didik
B. Melalui bantuan belajar yang intensif
C. Menyediakan waktu sedikit lebih panjang untuk melakukan asesmen
D. Guru marah pada peserta didik

4. Pernyataan berikut ini yang tidak sesuai dengan prinsip asesmen sumatif yaitu...
A. Menilai pencapaian tujuan pembelajaran dan atau CP murid untuk dasar kenaikan kelas
B. Penilaian yang digunakan dalam menyediakan informasi terkait pada ketercapaian kurikulum murid
C. Menilai pencapaian tujuan pembelajaran dan atau CP murid untuk dasar kelulusan
D. Menilai proses belajar guna memetakan kemampuan anak didik di awal

5. Pak Wawan sedang mendapati kondisi siswa-siswi yakni hampir semuanya mengalami kesulitan ketika mencapai tujuan pembelajaran yang sudah ditetapkan sebab terdapat konsep dasar yang belum dimengerti peserta didik dengan baik.
Selanjutnya yang dapat dilakukan pak Wawan yaitu...
A. Memberi hukuman terhadap siswa-siswi
B. Adanya soal remedial sama dengan sebelumnya
C. Memodifikasi alur tujuan pembelajaran guna mengerjakan penguatan konsep dasar
D. Membuat soal yang sama dengan soal latihan

Kegiatan yang kurang tepat dalam melakukan tindak lanjut ketercapaian tujuan pembelajaran adalah…
a. Melakukan tes ulang tanpa melakukan diferensiasi belajar
b. Melakukan refleksi proses belajar bersama peserta didik
c. Melakukan diferensiasi proses belajar
d. Melakukan refleksi diri

Contoh pertanyaan refleksi yang dapat digunakan untuk mengetahui reliabilitas sebuah asesmen adalah…
a. Apakah penilaian yang saya gunakan benar-benar mencerminkan proses pembelajaran yang utuh?
b. Mengapa saya memilih topik ini untuk mencapai CP?
c. Strategi baru apa yang telah saya coba akhir-akhir ini yang mungkin bermanfaat bagi peserta didik?
d. Dengan cara apa saya memberikan pengalaman yang menantang peserta didik dalam proses belajar?

Yang bukan termasuk fungsi asesmen formatif dalam tindak lanjut ketercapaian tujuan pembelajaran, adalah…
a. Untuk mengukur keefektifan strategi pembelajaran yang sudah diterapkan
b. Untuk mengetahui hambatan serta tantangan belajar peserta didik
c. Untuk menentukan strategi yang berikutnya
d. Untuk menentukan kenaikan kelas

Bu Eca mendapati ada peserta didik yang kesulitan saat mencapai tujuan pembelajaran karena motivasi belajar yang rendah. Setelah ditelusuri dari hasil refleksi bersama peserta didik, ternyata ditemukan bahwa ia kurang bersemangat jika media pembelajarannya tidak memuat visual. Hal yang dapat Bu Eca lakukan adalah…
a. Melakukan pendekatan atau strategi belajar yang berbeda
b. Memberikan hukuman
c. Menyediakan waktu yang sedikit lebih panjang untuk peserta didik belajar/mengerjakan asesmen
d. Marah

Pak Robin mendapati ada peserta didik yang kesulitan saat mencapai tujuan pembelajaran yang ditentukan karena bentuk asesmen yang tidak reliabel. Hal yang dapat Pak Robin lakukan adalah…
a. Melakukan pendekatan atau strategi belajar yang berbeda
b. Memberikan hukuman
c. Menyediakan waktu yang sedikit lebih panjang untuk peserta didik belajar/mengerjakan asesmen
d. Marah

Pak Edi mendapati ada peserta didik yang kesulitan saat mencapai tujuan pembelajaran karena memiliki hambatan dalam memahami konsep yang lebih abstrak. Hal yang dapat Pak Edi lakukan adalah…
A. Marah terhadap peserta didik tersebut
B. Menyediakan bantuan belajar yang lebih intensif
C. Menyediakan waktu yang sedikit lebih panjang untuk mengerjakan asesmen
D. Memberikan hukuma

Hasil asesmen awal dapat digunakan untuk rujukan strategi mencapai tujuan pembelajaran, karena...
A. Dapat digunakan sebagai nilai rapor
B. Dapat digunakan untuk dasar merancang alur tujuan pembelajaran serta proses diferensiasi
C. Dapat digunakan untuk diskusi dengan orang tua
D. Bisa digunakan sumatif

Belum ada Komentar untuk "Topik 05 - Modul 2 | Mencapai Tujuan Pembelajaran"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel