Topik 03 - Modul 1 | Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan

Modul 1  Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan (SD/Paket A, SMP/Paket B, SMA/K/Paket C/)

Perhatikan langkah dalam penyusunan visi dan misi sekolah berikut:
(1) Wawancara.
(2) Pemilihan informasi yang relevan.
(3) Analisis karakteristik atau konteks sekolah.
(4) Merumuskan misi sekolah.
(5) Merumuskan visi sekolah.
Urutan yang tepat dalam menyusun visi dan misi sekolah adalah….
a. 1-2-3-4-5.
b. 2-1-3-5-4
c. 2-1-5-4-3.
d. 1-3-2-4-5.

Mengapa penting untuk menciptakan lingkungan yang nyaman melalui budaya sekolah yang positif?
A Agar peserta didik tidak melanggar aturan sekolah.
B Untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.
C Untuk menurunkan jumlah peserta didik yang bermasalah.
D Untuk menegakkan aturan sekolah dengan tegas

Perhatikan visi Satuan Pendidikan berikut : Mencetak lulusan yang cerdas, unggul dalam IPTEK dan berwawasan global dengan berlandaskan Pancasila Berdasarkan visi diatas, maka disusunlah beberapa misi satuan Pendidikan. Misi Satuan Pendidikan yang kurang relevan dengan Visi di atas adalah ….
A Melaksanakan program pembelajaran aktif, inovatif, kreatif dan menyenangkan dengan pendekatan STEAM
B Mengembangkan kemampuan literasi digital peserta didik melalui perpustakaan digital.
C Membudayakan hidup disiplin, berjiwa sosial, berbudi pekerti luhur sesuai dengan nilai-nilai Pancasila
D Menumbuhkan kesadaran akan lingkungan melalui program cinta lingkungan

Dalam pembelajaran Fisika, Bu Sara menyusun Alur Tujuan Pembalajaran dimulai dari mengenal satuan internasional, vektor, Gerak Lurus Beraturan, Gerak Lurus Berubah Beraturan. Metode pengurutan yang dilakukan oleh Bu Sara adalah ….
A Pengurutan konkret – abstrak
B Pengurutan deduktif
C Pengurutan hierarki
D Pengurutan mudah – sulit

Dalam penyusunan Alur Tujuan Pembelajaran Matematika, Pak Andi memulai dari Tujuan Pembelajaran mengenali benda geometris, kemudian dilanjutkan dengan Tujuan Pembelajaran mengenai aturan teori objek geometris tersebut. Metode penyusunan ATP yang digunakan oleh Pak Andi adalah ….
A Pengurutan konkret – abstrak
B Pengurutan deduktif
C Pengurutan procedural X
D Pengurutan mudah – sulit

Langkah pertama yang harus dilakukan ketika menulis tujuan pembelajaran dengan alternatif kedua adalah …
A Mengidentifikasi kata kunci pada CP
B Mengelompokan hasil identifikasi sesuai kompetensi dan lingkup materinya
C Merumuskan tujuan pembelajaran
D Memetakan Alur Tujuan Pembelajaran

Berikut ini yang perlu dihindari dalam merumuskan Tujuan Pembelajaran adalah ….
A Kemampuan prasyarat yang perlu dipelajari peserta didik untuk menguasai kompetensi pada Capaian Pembelajaran
B Ada penjabaran konsep, keterampilan dan konten inti yang diperlukan untuk mencapai Capaian Pembelajaran
C Tujuan Pembelajaran disampaikan dengan bahasa/istilah yang mudah dipahami.
D Tujuan pembelajaran dirumuskan oleh guru secara mandiri tanpa melibatkan guru lain pada fase yang sama

Bagaimana pelaksanaan prinsip penyusunan Alur Tujuan Pembelajaran yang berkesinambungan?
A Mempertimbangkan kebutuhan peserta didik
B Fokus pada materi penting saja
C Memperhatikan hubungan antar tujuan pembelajaran
D Ketiga jawaban di atas benar

Berikut ini yang BUKAN merupakan informasi yang bisa ditemukan pada Capaian pembelajaran adalah ….
A Konten materi yang perlu dikuasai oleh peserta didik
B Kompetensi yang harus dimiliki oleh peserta didik
C Tujuan akhir pembelajaran yang harus dicapai peserta didik
D Jenis asesmen yang harus diberikan kepada peserta didik

Bu Ani adalah sawi. Apa yang bisa dilakukan oleh Bu Ani terkait hal ini sehingga aktivitas pada modul ajar tersebut menjadi kontkestual?
A Mengajak peserta didik untuk tetap mempraktikan cara membuat ikan asin.
B Mengajak peserta didik untuk mempraktikkan cara membuat sawi asin.
C Mengajak peserta didik untuk studi wisata ke daerah pembuat ikan asin.
D Mengajak peserta didik untuk melihat tayangan video terkait pembuatan ikan asin.

Bu Syahrini adalah seorang guru PJOK. Saat menyusun alur tujuan pembelajaran, Bu Syahrini memperhatikan tingkat kemampuan yang diharapkan dari murid, mulai dari gerakan dasar yang sederhana sampai ke gerakan yang lebih kompleks. Hal yang dilakukan Bu Syahrini sesuai dengan prinsip alur tujuan pembelajaran, yaitu…
A. Alur tujuan pembelajaran fokus pada pencapaian CP
B. Alur tujuan pembelajaran harus tuntas satu fase, tidak terpotong di tengah jalan
C. Alur tujuan pembelajaran dikembangkan sesuai karakteristik dan kompetensi yang dikembangkan setiap mata pelajaran.
D. Metode penyusunan alur tujuan pembelajaran harus logis, dari kemampuan yang sederhana ke yang lebih rumit, dapat dipengaruhi oleh karakteristik mata pelajaran

Berikut pernyataan yang salah mengenai ATP dan TP adalah ….
A. Karakteristik mata pelajaran sangat menentukan dalam merumuskan ATP dan TP
B. Alur tujuan pembelajaran perlu memperhatikan kemampuan prasyarat antar kompetensi
C. Setiap guru harus mengacu pada ATP yang sama
D. ATP dan TP disusun mengacu pada Capaian Pembelajaran
E. Alokasi jumlah JP dalam 1 tahun harus dipertimbangkan saat menyusun ATP

Bagaimana cara penyusunan metode alur tujuan pembelajaran yang baik dan benar?
a. Alur tujuan pembelajaran fokus pada pencapaian CP
b. Alur tujuan pembelajaran harus tuntas satu fase, tidak terpotong di tengah jalan
c. Alur tujuan pembelajaran dikembangkan sesuai karakteristik dan kompetensi yang dikembangkan setiap mata pelajaran
d. Metode penyusunan alur tujuan pembelajaran harus logis, dari kemampuan yang sederhana ke yang lebih rumit, dapat dipengaruhi oleh karakteristik mata pelajaran

Bu Endah adalah kepala sekolah di lingkungan kota besar. Setelah melakukan wawancara, ia mendapatkan data harapan warga sekolah sebagai berikut
1. sekolah melahirkan generasi yang positif dan semangat;
2. sekolah dapat melahirkan murid yang cerdas;
3. semua warga sekolah saling menghargai dan menghormati; dan
4. sekolah mencetak murid yang unggul dalam teknologi.
Dengan menganalisis konteks di atas, maka visi sekolah yang sesuai adalah?
a. Mencetak lulusan yang cerdas, unggul dalam IPTEK, dan berwawasan global dengan berlandaskan Pancasila
b. Mencetak lulusan yang pintar, unggul dalam berbagai mata pelajaran, serta berwawasan mendunia
c. Menjadi institusi terdepat dalam menjaga kelestarian lingkungan, menciptakan lulusan yang berprestasi, berakhlak mulia, dan bertanggung jawab
d. Menjadi institusi terdepan dalam IPTEK, menciptakan lulusan yang mampu bersaing di dunia kerja, berakhlak mulia, dan bertanggung jawab
e. Mencetak lulusan yang mampu bersain di lingkungan kerja secara profesional dan berwawasan global dengan berlandaskan Pancasila

Perhatikan beberapa komponen berikut, proses berpikir dalam merencanakan pembelajaran adalah…
1. Menyusun alur tujuan pembelajaran
2. Memahami Capaian Pembelajaran
3. Merumuskan tujuan pembelajaran
4. merancang pembelajaran
Proses berpikir dalam merencanakan pembelajaran adalah…
a. 2-1-3-4
b. 2-3-1-4
c. 4-2-3-1
d. 2-1-4-3

Pemerintah berupaya untuk mewujudkan lingkungan belajar sekolah yang nyaman dan aman dengan membuat beberapa peraturan terkait. Yang tidak termasuk aturan untuk mewujudkan hal tersebut, kecuali…
a. Permendikbud No. 23 Tahun 2015 tentang Penumbuhan Budi Pekerti
b. Permendikbud No. 64 Tahun 2015 tentang Kawasan Tanpa Rokok di Lingkungan Sekolah
c. Permendikbud No. 82 Tahun 2015 tentang Pencegahan dan Penanggulangan Tindak kekerasan di Lingkungan Satuan Pendidikan
d. Permendikbud No. 22 Tahun 2016 tentang Mengelola Pembelajaran
e. Permendikbud No. 18 Tahun 2016 tentang Pengenalan Lingkungan Sekolah Bagi Siswa Baru

Informasi apa yang bisa didapatkan dari memahami rasional dalam naskah capaian pembelajaran?
a. Fokus utama, kompetensi, dan profil pelajar pancasila
b. Ruang lingkup, karakteristik, dan profil pelajar pancasila
c. Definisi, fungsi, dan ruang lingkup mata pelajaran
d. Definisi, fungsi, dan karakteristik mata pelajaran

Hal yang tepat mengenai Capaian Pembelajaran adalah…
a. Fokus pada kompetensi pengetahuan yang harus dicapai peserta didik
b. Dibagi berdasarkan fase sesuai kompetensi yang harus dicapai
c. Dimulai pada jenjang PAUD untuk fase A
d. Menjabarkan kompetensi yang harus dicapai di akhir kelas

Bu Maria mengajar IPS di Fase D. Saat menyusun ATP, Bu Maria dan rekan guru IPS dari kelas 7-9 mengatur agar tujuan pembelajaran yang lebih komleks di ajarkan di kelas 8 dan 9. Mereka memfokuskan kelas 7 untk pembelajaran yang lebih sederhana agar ada ruang bagi gur kelas 7 untuk membimbing murid-murid yang masih menyesuaikan dari fase C ke fase D. Metode pengurutan yang dilakukan oleh Bu Maria dan timnya adalah…
A Scaffolding
B Pengurutan Deduktif
C Pengurutan dari mudah ke yang lebih sulit
D Pengurutan dari yang konkret ke yang abstrak

Metode pengurutan yang meningkatkan standar performa sekaligus mengurangi bantuan secara bertahap merupakan penjelasan metode dalam penyusunan ATP yaitu…
A Pengurutan Deduktif
B Pengurutan Hierarki
C Pengurutan Prosedural
D Scaffolding

Level taksonomi Marzano yang tertinggi adalah….
A Pemahaman
B Analisis
C Sistem diri
D Metakognisi

Hal yang perlu dilakukan sebelum menyusun alur tujuan pembelajaran adalah ….
A Menentukan metode pembelajaran
B Menentukan rencana asesmen
C Menentukan kedalaman materi
D Mempelajari dan menguraikan CP
E Menentukan produk akhir

Belum ada Komentar untuk "Topik 03 - Modul 1 | Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel