KISI-KISI USBN Biologi Kurikulum : 2013

KISI-KISI UJIAN SEKOLAH BERSTANDAR NASIONAL SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN/MADRASAH ALIYAH KEJURUAN TAHUN PELAJARAN 2018/2019 Mata Pelajaran : Biologi Kurikulum : 2013

Level Kognitif


Lingkup Materi


Enzim dan Metabolisme
Mikroorganisme
Polusi/Pencemaran Lingkungan
Keanekaragaman
Hayati dan Ekologi
Bioteknologi
Pengetahuan dan
Pemahaman
-        menyebutkan
-        menjelaskan
-        mengidentifikasi
-        menunjukkan
-        mendeskripsikan

Siswa mampu: 
    Mengidentifikasi  ciri-ciri enzim 
    Mendeskripsikan  peranan enzim dalam metabolisme pada tumbuhan
    Menyebutkan pengertian
glikolisis

Siswa mampu:
Mengidentifikasi : o jamur berdasarkan ciri-cirinya. o virus berdasarkan cara
reproduksinya   


Siswa mampu:
      Menjelaskan karakteristik limbah 
      Menyebutkan :
o macam-macam limbah  o metode mengolah limbah
tumbuhan (3R) 

Siswa mampu:
      Menunjukkan :
o   tingkat  keanekaragaman
hayati 
o   interaksi yang terjadi dalam ekosistem dalam bentuk bagan
      Mengidentifikasi macam-macam
ekosistem 
Siswa mampu:
     Menjelaskan prinsip bioteknologi
     Menyebutkan macam-macam produk bioteknologi 
     Mengidentifikasi mikroba yang tepat pada produk bioteknologi 
Aplikasi
-        menerapkan
-        mengurutkan
-        mengklasifikasi
-        menentukan
-        memilih
Siswa mampu:
      Menentukan persamaan reaksi pada respirasi
seluler (aerob) 
      Mengurutkan empat tahapan
Siswa mampu
Mengklasifikasi :
o   bakteri berdasarkan bentuknya
o   jamur
berdasarkan ciri
Siswa mampu:
Menentukan jenisjenis limbah berdasarkan wujudnya 
Siswa mampu:
Mengklasifikasikan makhluk hidup berdasarkan ciri, sifat dan tempat hidupnya 
Siswa mampu:
Menerapkan konsep dan prosedur  bioteknologi 
Level Kognitif


Lingkup Materi

Enzim dan Metabolisme
Mikroorganisme
Polusi/Pencemaran Lingkungan
Keanekaragaman
Hayati dan Ekologi
Bioteknologi

reaksi pada respirasi seluler 
spora seksual dan tubuh
buahnya 

     Menerapkan pengelolaan limbah di lingkungannya 
     Memilih jenis pengelolaan limbah yang sesuai. 
Mengurutkan peran mahluk hidup dalam
jarring-
jaringmakanan 

Menentukan ciriciri bioteknologi konvensional 
Penalaran dan
Logika 
-        menganalisis
-        menelaah
-        mengaitkan
-        memecahkan
-        mendeteksi
-        membandingkan
-        menyimpulkan
-        merancang
Siswa mampu:
    Menelaah jenis reaksi pada respirasi anaerob 
    Menganalisis sintesis asam lemak pada reaksi Krebs 
    Menyimpulkan
hasil percobaan keaktifan enzim katalase.
Siswa mampu:
     Menganalisis :
o   keterkaitan antara jenisjenis bakteri dengan cara penanganannya
o   ciri-ciri jamur berdasarkan ciri morfologi dan anatominya 
     Mengaitkan antara jenis-jenis bakteri dengan kebutuhan hidupnya


Siswa mampu: 
      Mengaitkan dampak polusi terhadap perubahan lingkungan dan
kesehatan 
      Memecahkan permasalahan penanganan limbah yang sesuai  dengan contoh kasus 
      Merancang penanganan limbah  padat 
Siswa mampu: 
     Menganalisis interaksi yang berlangsung di dalam ekosistem 
     Mendeteksi ketidak seimbangan ekosistem darat 
     Merancang tindakan perbaikan dan pelestarian pelestarian lingkungan 
     Menelaah penyebab berkurangnya energi yang terjadi di setiap tingkat trofik pada piramida energi 
Siswa mampu  :
      Mendeteksi penyimpangan pada produk
bioteknologi
      Membandingkan
kelebihan produk bioteknologi dan bukan.
      Menelaah
langkah dasar teknologi DNA rekombinan 

Belum ada Komentar untuk "KISI-KISI USBN Biologi Kurikulum : 2013"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel