Topik 10 - Modul 2 | Pendalaman Rapor Pendidikan

Topik 10 - Modul 2 | Pendalaman Rapor Pendidikan

Profil Satuan Pendidikan di jenjang Dikdasmen terdiri dari :
1. Mutu dan relevansi hasil belajar peserta didik
2. Pemerataan pendidikan yang bermutu
3. Mutu dan relevansi pembelajaran
4. Kompetensi dan kinerja pendidik dan tenaga kependidikan
5. Pengelolaan sekolah yang partisipatif, transparan, dan akuntabel

Dari pernyataan di atas, yang termasuk pada komponen input ditunjukkan oleh nomor...
A. 1 dan 3
B. 3 dan 5
C. 1 dan 2
D. 4 dan 5

Berikut adalah proses yang terkait dengan dimensi mutu dan relevansi pembelajaran :
A. Proses belajar peserta didik
B. Proses pengelolaan anggaran
C. Proses penilaian kinerja guru
D. Proses pemerataan jumlah guru

Pengelolaan sekolah yang partisipatif, transparan dan akuntabel dapat dicapai dengan cara :
A. Melibatkan kepala sekolah dan guru dalam menyusun perencanaan peningkatan mutu
B. Meningkatkan jumlah sarana dan prasarana sekolah
C. Melibatkan semua warga sekolah untuk berpartisipasi dalam peningkatan mutu
D. Melibatkan beberapa warga sekolah yang sesuai dengan pertimbangan kepala sekolah

Dimensi yang tidak terdapat dalam Rapor Pendidikan satuan pendidikan pada jenjang Dikdasmen adalah...
A. Mutu dan relevansi hasil belajar
B. Pemerataan pendidikan yang bermutu
C. Kompetensi dan kinerja guru dan tenaga kependidikan 
D. Mutu dan relevansi pembelajaran

Manakah pernyataan berikut yang kurang tepat mengenai Rapor Pendidikan?
A. Rapor Pendidikan sebagai sumber utama dasar analisis, perencanaan, dan tindak lanjut peningkatan mutu pendidikan
B. Rapor Pendidikan bukan untuk menghukum dan mencari siapa yang salah
C. Rapor Pendidikan dapat digunakan untuk menegur satuan pendidikan dan daerah
D. Rapor Pendidikan bukan sebagai tambahan beban dokumen administrasi

Apa peran Rapor Pendidikan bagi satuan pendidikan ?
A. Sebagai alat perangkingan antara satuan pendidikan dan satuan pendidikan lainnya
B. Sebagai dokumen administrasi tambahan yang perlu diisi
C. Sebagai alat bantu dalam mencari kesalahan
D. Sebagai alat bantu dalam peningkatan dan perbaikan mutu layanan pendidikan 

Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut ini:
1. Rapor Pendidikan dapat digunakan sebagai alat perbandingan tentang capaian dari berbagai satuan pendidikan
2. Rapor Pendidikan akan didiskusikan secara konstruktif dengan warga sekolah untuk membenahi mutu pendidikan
3. Rapor Pendidikan dapat digunakan sebagai alat untuk mencari akar permasalahan di satuan pendidikan
4. Rapor Pendidikan dapat digunakan untuk memberikan peringatan kepada satuan dan daerah.
Manakah yang perlu Anda perhatikan jika satuan pendidikan Anda akan menggunakan Rapor Pendidikan?
A. 1 dan 4
B. 2 dan 3
C. 3 dan 1 
D. 4 dan 2

Apakah manfaat Rapor Pendidikan dalam sistem administrasi dan pengelolaan data di satuan pendidikan?
A. Mempermudah pengukuran dan evaluasi hasil belajar peserta didik 
B. Meringankan beban orang tua siswa
C. Meringankan beban administrasi melalui penyajian data yang terintegrasi
D. Sebagai media komunikasi antara pihak satuan pendidikan dengan publik

Mengapa satuan pendidikan perlu menggunakan Rapor Pendidikan dalam kegiatan perencanaan dan penganggaran?
A. Karena Rapor Pendidikan dapat digunakan untuk menghakimi satuan pendidikan
B. Karena Rapor Pendidikan menyajikan sumber data yang objektif sehingga dapat membantu menentukan kegiatan yang tepat dan berdampak besar
C. Karena Rapor Pendidikan memberikan pemahaman yang komprehensif terkait kondisi daerah di sekitar satuan pendidikan
D. Karena Rapor Pendidikan merupakan media komunikasi yang ideal bagi satuan pendidikan dan peserta didik

Apakah fungsi utama Rapor Pendidikan bagi satuan pendidikan?
A. Sebagai bahan ujian untuk peserta didik
B. Sebagai sumber data utama, obyektif dan terintegrasi bagi satuan pendidikan
C. Sebagai materi untuk meningkatkan kualitas guru
D. Sebagai materi diskusi

Terdapat label untuk mengetahui capaian pada indikator nilai uji kompetensi guru, yaitu...
A. Baik, cukup, kurang
B. Benar, cukup, Salah
C. Mahir, cakap, merintis, membudaya
D. Mahir, cakap, mendasar, perlu intervensi

Apakah satuan pendidikan perlu memperhatikan indikator prioritas dalam Rapor Pendidikan?
A. Ya, karena indikator lain selain indikator prioritas tidak perlu dibenahi
B. Ya, karena satuan pendidikan memiliki sumber daya yang terbatas sehingga perlu mengalokasikannya pada indikator prioritas terlebih dahulu
C. Tidak, karena semua indikator sama pentingnya
D. Tidak, karena satuan pendidikan dapat membenahi semua masalah sekaligu

Indikator prioritas dalam Rapor Pendidikan erat kaitannya dengan kebijakan “Merdeka Belajar” karena sekolah didorong untuk...
A. Berpihak pada murid
B. Mengembangkan budaya refleksi
C. Menciptakan lingkungan belajar yang aman, nyaman, menyenangkan dan inklusif
D Semua benar

Untuk mengetahui posisi capaian mutu indikator pada satuan, dalam Rapor Pendidikan juga disajikan capaian mutu pada satuan pendidikan lain yang serupa yang memiliki :
A. Karakteristik lokasi, dan sosial ekonomi peserta didik yang mirip dengan satuan pendidikan
B. Karakteristik jumlah peserta didik yang mirip dengan satuan pendidikan
C. Karakteristik pemerintah daerah yang mirip
D. Karakteristik guru dan tenaga kependidikan yang mirip dengan satuan pendidikan

Berikut yang tidak menjadi aspek yang perlu dicermati dalam membaca Rapor Pendidikan adalah...
A. Spektrum warna
B. Label
C. Skor
D. Ukuran

Apa kebijakan yang harus dilakukan ketika menemukan indikator yang belum tercapai pada Rapor Pendidikan?
A. Berusaha mengubah data
B. Fokus kepada solusi perbaikan
C. Menyalahkan diri SALAH
D. Mengajukan keluhan kepada dinas pusat

Toleransi, perasaan diterima atas perbedaan yang ada, merupakan salah satu faktor pendukung dalam keseluruhan iklim pembelajaran.
Penjelasan di atas merupakan rasionalisasi dari indikator prioritas…
a. Iklim Kebhinekaan
b. Iklim Keamanan
c. Iklim Ketertiban
d. Indeks Karakter




Belum ada Komentar untuk "Topik 10 - Modul 2 | Pendalaman Rapor Pendidikan"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel