Kopling jalan bebas - Motor Starter

 



Rumah kopling diputar oleh tabung penggerak, bantalan peluru mengelincir ke bagian takik/cekungan yang sempit/dangkal pada tabung penggerak sehingga terjepit antara poros pinion dan tabung penggerak dan pinion ikut berputar

Pinion diputar cepat oleh roda gaya akibatnya pinion berputar lebih cepat dari tabung penggerak sehingga bantalan peluru mengelincir ke bagian takik/cekungan yang lebar/dalam pada tabung penggerak akibatnya peluru tidak terjepit antara poros pinion dan tabung penggerak. Poros pinion terbebas dari poros anker








Motor starter reduksi adalah motor starter yang disempurnakan dalam bentuk yang lebih kecil dan lebih cepat putarannya. Selain itu juga model ini dapat menghasilkan gaya putar yang lebih kuat, karena memakai idle gear. Dengan idle gear tersebut , gaya rotasi dari armature diperlambat sampai sepertiga agar dapat menghasilkan momen putir yang lebih kuat pada pinion gear, walaupun bentuk motor starternya lebih kecil.
Konstruksi dan Cara Kerja
1. Motor dan Reduction Gear 


Motor stater terdiri dari armature, starter dan brush (sikat sikat). Seperti ditunjukkan pada gambar 5 – 28 drive pinion, idle gear dan clutch gear sehingga putarannya berkurang sampai seperempat setelah melalui mekanisme clutch.  

2. Motor Starter (Starter Clutch)

Seperti halnya pada starter konvensional, pada starter reduksipun dilengkapi dengan starter clutch. Untuk motor starter model reduksi ini, dipergunakan starter clutch seperti berikut: 

terdiri dari pinion shaft yang perpindahannya jadi satu dengan pinion, spline tube yang disesuaikan terhadap clutch Starter clutch bagian dalam, clutch cover untuk menutup clutch outer, clutch roller dan clutch gear. 


Clutch roller adalah jenis outer roller, dan cara kerja pergerakan dari magnetic switch menyebabkan plunger magnetic switch menekan clutch pinion shaft, yang mana putarannya menekan return spring dan bergerak kea rah kiri (searah tanda panah).

Oleh karena screw spline memotong terhadap pinion shaft, pinion akan maju, sambil berputar dan berkaitan dengan ring gear. Untuk mencegah gigi – gigi dari roda gigi rusak (chippling) pada peristiwa persentuhan antara gigi ke gigi karena kegagalan dalam perkaitannya dan menjamin perkaitan yang wajar antara pinion dan ring gear. Drive spring diperlengkapi dengan pinion. Fungsi drive spring adalah sebagai berikut :

Apabila pinion meluncur ke ring gear, drive spring ditekan oleh pinion shaft supaya hanya shaft saja yang maju, menyerap gaya plunger dan mencegah gigi – gigi dari kerusakan 


Dengan pengajuan dari pinion shaft, pinion diputar oleh putaran torque dari screw spline dan menjamin perkaitan dengan ring gear. Peristiwa bila pinion seharusnya tidak berkaitan dengan ring gear, shaft sendiri yang akan maju menutup titik kontak utama magnetic switch. Armature  akan berputar, menyebabkan pinion berputar dan berkaitan dengan ring gear. Untuk jelasnya dapat dilihat cara kerjanya starter gambar 5 – 31 clutch.
 

Belum ada Komentar untuk "Kopling jalan bebas - Motor Starter"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel