KISI-KISI UJIAN SEKOLAH BERSTANDAR NASIONAL SEKOLAH MENENGAH ATAS / MADRASAH ALIYAH TAHUN PELAJARAN 2018/2019 Mata Pelajaran : Antropologi
Maret 13, 2019
Tambah Komentar
KISI-KISI
UJIAN SEKOLAH BERSTANDAR NASIONAL
SEKOLAH MENENGAH ATAS / MADRASAH ALIYAH
TAHUN PELAJARAN 2018/2019
Mata Pelajaran : Antropologi
Kurikulum :
2013
Program Studi : IBB
Level Kognitif
|
Lingkup
Materi
|
||||
Konsep dasar, Kajian Antropologi
|
Kajian budaya
|
Bahasa/Dialek dan Tradisi Lisan
|
Iptek dan globalisasi
|
Penelitian Kualitatif dan
Etnografi
|
|
Pengetahuan dan
Pemahaman
•
Mengidentifikasi
•
Menyebutkan
•
Menunjukkan
•
Mendeskripsikan
•
Menjelaskan
|
Peserta didik mampu memahami dan menguasai tentang :
- konsep
dasar antropologi
-
kajian antropologi
-
manfaat antropologi
-
peran antropologi
|
Peserta didik mampu memahami dan menguasai tentang :
- budaya
(konsep budaya/pengertian budaya, wujud budaya, unsur budaya, keberagaman
budaya, keberagaman agama/religi/kepercayaan)
- konsep
dasar budaya, adat, kelompok etnik,
etnosentrisme
|
Peserta didik mampu memahami dan menguasai tentang :
-
bahasa,dialek, tradisi lisan yang berkembang di
Indonesia
- keberagaman
bahasa/dialek/tradisi lisan
-
fungsi bahasa, dialek
|
Peserta didik mampu memahami dan menguasai tentang :
- iptek,
globalisasi, modernisasi
-
dampak
positif/negatif
iptek, globalisasi dan modernisasi dalam kehidupan masyarakat
Indonesia
|
Peserta didik mampu memahami dan menguasai tentang :
- metode
penelitian kualitatif
-
Perubahan sos- bud dalam masyarakat
multikultural
-
mempertahankan
nilai-nilai
budaya di tengah pengaruh
globalisasi
|
Aplikasi
•
Memberi contoh
•
Menentukan
•
Menerapkan
•
Menginterpretasi
•
Mengklasifikasi
•
Menghubungkan
|
Peserta didik mampu mengaplikasikan pengetahuan dan
pemahaman tentang:
- manfaat
antropologi dalam mengkaji kesamaan dan keberagaman budaya, agama,
|
Peserta
didik mampu mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang: - hubungan antarbudaya (lokal, nasional, asing), hubungan
antar budaya di era globalisasi
|
Peserta didik mampu mengaplikasikan pengetahuan dan
pemahaman tentang:
- peran bahasa, dialek dan tradisi lisan di Nusantara dalam
membangun
|
Peserta didik mampu mengaplikasikan pengetahuan dan
pemahaman tentang:
- strategi
dalam mempertahankan
nilai-nilai budaya di
tengah-tengah globalisasi
|
Peserta didik mampu mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman
tentang:
- rancangan
penelitian sederhana budaya lokal, budaya nasional, pengaruh
|
Level Kognitif
|
Lingkup Materi
|
||||
Konsep dasar, Kajian Antropologi
|
Kajian budaya
|
Bahasa/Dialek dan Tradisi Lisan
|
Iptek dan globalisasi
|
Penelitian Kualitatif dan
Etnografi
|
|
religi/kepercayaan, tradisi, dan bahasa
- kajian
antropologi tentang bentuk perilaku menyimpang atau subkebudayaan menyimpang
di masyarakat
- konsep
dasar antropologi tentang kebergaman budaya, agama,
religi/kepercayaan, tradisi, dan bahasa
- internalisasi
nilainilai budaya
- budaya
lokal, budaya nasional, budaya asing dan hubungan
antar budaya
|
- internalisasi
nilai-nilai budaya dalam kehidupan sehari-hari untuk membentuk kepribadian
dan karakter
- melemahnya
nilai-nilai budaya tradisional dalam masyarakat
- sikap
toleransi/empati terhadap (keragaman budaya, agama, religi/kepercayaan)
- bentuk
perilaku menyimpang / kebudayaan
menyimpang
|
masyarakat multikultur
- keberagaman
bahasa/ dialek/tradisi lisan
- pemetaan
bahasa/ dialek/tradisi lisan
- penyebaran bahasa, dialek dan tradisi lisan
- hubungan
antara bahasa dan dialek
- perkembangan
tradisi lisan di Indonesia
|
- perubahan
sosial budaya dalam masyarakat multikultural di tengah perkembangan iptek dan
globalisasi
- pengaruhi
iptek, globalisasi terhadap kebudayaan
nasional
- pengaruh
iptek di bidang pendidikan, ekonomi, informasi
-
langkah-langkah pemecahan masalah sebagai akibat
perkembangan iptek dan
globalisasi
|
budaya asing dan hubungan antarbudaya
- metodologi
penelitian etnografi,
- langkah-langkah
penelitian kualitatif
- mengomunikasikan
hasil penelitian kualitatif
|
|
Penalaran
•
Menganalisis
•
Mensintesis
•
Mengevaluasi
•
Merumuskan
•
Menyimpulkan
|
Peserta didik mampu menggunakan
nalar dalam mengkaji tentang:
- konsep dasar antropologi dalam kaitannya dengan
|
Peserta didik mampu menggunakan nalar dalam mengkaji
tentang: -
hubungan
antarbudaya (lokal, budaya nasional, budaya asing)
- kesetaraan
gender
|
Peserta didik mampu menggunakan
nalar dalam mengkaji tentang:
- keterkaitan antara budaya, bahasa,
|
Peserta didik mampu menggunakan nalar dalam mengkaji
tentang:
- masalah sosial budaya sebagai pengaruh
|
Peserta didik mampu menggunakan nalar dalam mengkaji
tentang:
- penelitian etnografi dalam menganalisis
|
Level Kognitif
|
Lingkup
Materi
|
||||
Konsep dasar, Kajian Antropologi
|
Kajian budaya
|
Bahasa/Dialek dan Tradisi Lisan
|
Iptek dan globalisasi
|
Penelitian Kualitatif dan
Etnografi
|
|
•
Memprediksi
• Memecahkan masalah
•
Membuktikan
|
kesamaan
dan keragaman budaya, agama,
religi/kepercayaan, tradisi, dan bahasa
- manfaat /
peran antropologi
- proses
internalisasi nillai-nilai budaya
- perilaku
menyimpang dan dampaknya
- keterkaitan
antarbudaya lokal, budaya asing, budaya nasional, budaya asing dan hubungan antarbudaya
-
|
- perubahan
sosial dalam masyarakat multikultural
- pelapisan
sosial dan struktur sosial
-
nilai-nilai kultural masyarakat Indonesia (gotong royong,
tolong menolong, kekeluargaan,
kemanusiaan, tenggang rasa)
-
melamahnya budaya tradisional dalam berbagai
suku bangsa di Indonesia
|
dialek dan tradisi lisan di
Nusantara
- persamaan
dan perbedaan bahasa/dialek /tradisi lisan di masyarakat
|
perkembangan
iptek dan
globalisasi
- pemecahan masalah sosial
budaya yang timbul sebagai pengarauh
iptek, globalisasi,
modernisasi
|
kesamaan dan keragaman bahasa, dialek, tradisi lisan dalam
masyarakat multikultural
- manfaat
penelitian kualitatif
|
Belum ada Komentar untuk "KISI-KISI UJIAN SEKOLAH BERSTANDAR NASIONAL SEKOLAH MENENGAH ATAS / MADRASAH ALIYAH TAHUN PELAJARAN 2018/2019 Mata Pelajaran : Antropologi"
Posting Komentar