Topik 03 - Modul 2 | Merancang Pembelajaran SMA/SMK/Paket C


Topik 3  - Modul 2 | Merancang Pembelajaran SMA/SMK/Paket C

Pak Robert sedang mempelajari modul ajar yang didapatkannya dari Platform Merdeka Mengajar. Dikarenakan mayoritas muridnya tidak memiliki telepon genggam untuk mengakses internet, ada beberapa aktivitas dalam modul ajar yang tidak bisa beliau terapkan. Berdasarkan hal itu, beliau memodifikasi aktivitas menjadi kegiatan serupa namun tidak memerlukan telepon genggam.
Upaya modifikasi modul ajar yang dilakukan Pak Robert tersebut tergolong...
Jawaban : A. (Modifikasi terkait sarana dan prasarana belajar)

Perhatikan pernyataan-pernyataan di bawah ini terkait keunggulan media ajar :
(1) Bermanfaat untuk memberikan pengalaman sensorik.
(2) Memudahkan peserta didik untuk memahami materi yang berkaitan dengan fenomena alam
(3) Lebih disukai peserta didik karena melibatkan pengalaman audio visual yang disesuaikan dengan perkembangan peserta didik.
(4) Mudah dipahami karena disajikan menggabungkan gambar, suara, dan teks.
Berdasarkan pernyataan di atas, keunggulan menggunakan media ajar berupa video ditunjukkan pada nomor . . . .
A 1 dan 2
B 3 dan 4
C 1 dan 3
D 2 dan 4

Berikut pernyataan yang bukan merupakan kriteria dari pemahaman bermakna adalah...
Jawab : Merupakan pemahaman praktis.

Tidak semua pertanyaan yang diajukan Guru kepada siswa adalah pertanyaan pemantik. Wiggins dan McTighe dalam bukunya The Understanding by Design menyatakan bahwa ada beberapa pertanyaan yang hanya mencari jawaban “resmi” dan benar (sesuai dengan buku teks) alih-alih membutuhkan jawaban dan penyelidikan yang mendalam. Jenis pertanyaan seperti ini akan mempersingkat proses penyelidikan yang sebetulnya diperlukan sebagai jantung pemahaman mendalam. Berdasarkan hal tersebut, manakah yang merupakan pertanyaan pemantik dibawah ini?
A. Seorang Guru PAUD membawa sebuah buku kemudian bertanya “Kirakira siapa yang ada pada gambar ini?”
B. Seorang Guru Ekonomi bertanya “Apa pentingnya bagi kita mengetahui fakta angka inflasi naik setiap tahun?”
C. Seorang Guru Bahasa Indonesia bertanya “Apa saja cerita fiksi yang pernah kalian baca?”
D. Seorang Guru Geografi bertanya “Apakah bumi memiliki banyak lapisan tanah?”
E. Seorang Guru IPA bertanya “Bagaimana proses proses terjadinya hujan?”

Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut ini :
1. mengetahui pencapaian hasil belajar peserta didik
2. memperoleh data berupa nilai dari pencapaian hasil belajar
3. mendapatkan gambaran kemampuan awal yang dimiliki peserta didik
4. mengetahui kebutuhan belajar peserta didik
Dari pernyataan di atas, fungsi asesmen sumatif ditunjukkan oleh nomor . . . .
B 2 dan 3

Produk akhir merupakan salah satu asesmen sumatif, yaitu asesmen untuk evaluasi pada akhir proses pembelajaran. Salah satu tujuan dari adanya asesmen ini adalah...
Jawab : Untuk mengukur ketercapaian tujuan pembelajaran.

Pak Markus sedang merancang asesmen untuk pelajaran Seni Musik. Pak Markus ingin agar para peserta didik mampu merancang sebuah pagelaran seni secara berkelompok. Pak Markus memberikan kebebasan kepada para peserta didik untuk memilih jenis pagelaran musik yang akan ditampilkan. Untuk proses penilaiannya, Pak Markus memutuskan akan menggunakan rubrik. Pak Markus memutuskan akan menggunakan 3 aspek utama yaitu penampilan, harmonisasi, dan variasi alat musik yang digunakan. Yang tidak termasuk kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran menunjukkan harmonisasi dalam bermusik adalah . . .
A 3 alat musik atau lebih digunakan sekaligus
B Musik dan vokal terdengar harmonis
C Suara musik tidak mendominasi
D Artikulasi dan nada tepat

Manakah diantara pernyataan di bawah ini yang benar terkait dengan modul ajar?
Jawaban D

Bu Ani sedang mempelajari modul ajar yang didapatkannya dari Platform Merdeka Mengajar. Salah satu kegiatan yang ada di modul ajar tersebut adalah cara membuat ikan asin secara tradisional. Sekolah Bu Ani berada di daerah pertanian yang jauh dari laut sehingga kesulitan untuk melakukan kegiatan yang sama dengan modul ajar tersebut. Salah satu hasil alam yang melimpah di daerah Bu Ani adalah sawi. Bu Ani mengajak peserta didik untuk membuat sawi asin. Upaya modifikasi modul ajar yang dilakukan oleh Bu Ani dengan memperhatikan . . . .
A Pembelajaran kontekstual
B Pemahaman pembelajaran
C Pembelajaran berkesinambungan
D Konten isi pembelajaran

bu Yuki sedang melaksanakan PJJ. Ia hendak menggunakan modul ajar yang tersedia untuk pembelajaran selanjutnya.
Setelah mempelajari modul ajar ia mendapat hal-hal berikut:
(1) Isi modul ajar untuk pembelajaran luring
(2) Modul ajar menyediakan lembar aktivitas yang bisa mengasah kemampuan berpikir proses
(3) Modul ajar menyediakan rancangan asesmen yang bisa mendorong kompetensi muridnya secara menyeluruh
Jika akan menggunakan modul ajar tersebut, modifikasi yang perlu Ibu Yuki lakukan adalah ….
A Mengganti rancangan asesmen yang sesuai dengan kebutuhan muridnya
B Mengganti lembar aktivitas dengan lembar aktivitas dari pembelajaran tahun sebelumnya
C Menyiapkan sarana seperti teknologi pendukung yang bisa mengakomodir aktivitas belajar
D Mengganti bentuk asesmen menjadi kuis dengan bantuan aplikasi karena lebih mudah dilakukan secara daring

Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut ini :
(1) mengukur pencapaian hasil belajar
(2) mengetahui kemampuan awal peserta didik
(3) mengetahui kebutuhan belajar peserta didik
(4) mendapatkan nilai dari pencapaian hasil belajar
Dari pernyataan di atas, fungsi asesmen formatif ditunjukkan oleh nomor ….
A 1 dan 2
B 2 dan 3
C 1 dan 3
D 2 dan 4

Dalam penyusunan asesmen, penentuan alat ukur yang tepat sangat tergantung pada ….
A Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran
B Aspek dan tingkat capaian peserta didik
C Capaian pembelajaran sesuai fase
D Lembar penilaian yang disiapkan

Tidak semua pertanyaan yang diajukan Guru kepada siswa adalah pertanyaan pemantik. Wiggins dan McTighe dalam bukunya The Understanding by Design menyatakan bahwa ada beberapa pertanyaan yang hanya mencari jawaban “resmi” dan benar (sesuai dengan buku teks) alih-alih membutuhkan jawaban dan penyelidikan yang mendalam. Jenis pertanyaan seperti ini akan mempersingkat proses penyelidikan yang sebetulnya diperlukan sebagai jantung pemahaman mendalam. Berdasarkan hal tersebut, manakah yang merupakan pertanyaan pemantik dibawah ini?
A. Seorang Guru PAUD membawa sebuah buku kemudian bertanya “Kirakira siapa yang ada pada gambar ini?”
B. Seorang Guru Ekonomi bertanya “Apa pentingnya bagi kita mengetahui fakta angka inflasi naik setiap tahun?”
C. Seorang Guru Bahasa Indonesia bertanya “Apa saja cerita fiksi yang pernah kalian baca?”
D. Seorang Guru Geografi bertanya “Apakah bumi memiliki banyak lapisan tanah?”
E. Seorang Guru IPA bertanya “Bagaimana proses proses terjadinya hujan?”

Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut ini:
(1) Membuktikan pemahaman yang dicapai setelah mempelajari topik tertentu
(2) Meningkatkan motivasi intrinsik peserta didik
(3) Menjadi umpan balik proses pembelajaran
(4) Membantu dalam menjelaskan manfaat pembelajaran dan tujuan pembelajaran
Pernyataan di atas yang terkait manfaat dari pertanyaan pemantik ditunjukkan oleh nomor . . .
A 1 dan 3
B 1 dan 4
C 1 dan 2
D 3 dan 4

Langkah pertama yang perlu dilakukan dalam menyusun Asesmen adalah . . . .
jawaban : Menentukan Indikator Pencapaian Kompetensi

Pak Markus sedang merancang asesmen untuk pelajaran Seni Musik. Pak Markus ingin agar para peserta didik mampu merancang sebuah pagelaran seni secara berkelompok. Pak Markus memberikan kebebasan kepada para peserta didik untuk memilih jenis pagelaran musik yang akan ditampilkan. Untuk proses penilaiannya, Pak Markus memutuskan akan menggunakan rubrik. Pak Markus akan menggunakan rubrik yang menilai 3 aspek yaitu penampilan, harmonisasi, dan variasi alat musik yang digunakan. Untuk menilai ketercapaian Tujuan Pembelajaran, maka yang perlu dilakukan Pak Markus adalah . . . .
Jawaban : Menentukan Tujuan Pembelajaran

Ragam bentuk dari rancangan pembelajaran adalah
Jawaban :  Semua Benar

Berikut merupakan peran media ajar dalam proses pembelajaran yang berpusat pada murid kecuali
A. Meningkatkan pemahaman murid.
B. Membuat pelajaran menjadi lebih menarik dan efektif.
C. Jika sesuai minat murid dapat meningkatkan motivasi murid dalam belajar.
D. Menggantikan peran guru dalam mengajar.
E. Membantu guru merancang pembelajaran berdiferensiasi.

Menumbuhkan minat untuk belajar, melibatkan peserta didik berkaitan dengan pengetahuan sebelumnya, serta menyesuaikan capaian belajarnya merupakan salah satu kriteria modul ajar, yaitu ....
Jawaban : Kriteria Menarik, Bermakna dan Menantang


Belum ada Komentar untuk "Topik 03 - Modul 2 | Merancang Pembelajaran SMA/SMK/Paket C"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel